Tingkatkan Kualitas, Gandeng SMP Favorit

693
JUARA: Atlet MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak saat mengikuti Popda Jateng tahun 2016 lalu. (Samsul For Radar Kedu)
JUARA: Atlet MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak saat mengikuti Popda Jateng tahun 2016 lalu. (Samsul For Radar Kedu)

TEMANGGUNG- Pertumbuhan dan perkembangan sebuah lembaga pendidikan dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa, meningkatnya jumlah fasilitas pendidikan dan meningkatnya prestasi sekolah baik di bidang akademik maupun nonakademik. MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak bertekad meningkatkan kualitas mutu pendidikan untuk meraih prestasi dengan menekankan pembentukan karakter bagi peserta didiknya.

Kepala MTs Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak Samsul menuturkan, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak pada tahun pelajaran 2015/2016 menjalin kerja sama dengan SMP Negeri 2 Kota Magelang. Kerja sama diarahkan pada peningkatan kompetensi guru dan pendampingan kurikulum 2013 (kurtilas) yang dilaksanakan secara mandiri.

Menurutnya, hal itu dilakukan karena madrasah ini pada tahun pelajaran 2016/2017 resmi menggunakan kurtilas dan menjadi madrasah swasta pertama di Temanggung yang menggunakan kurtilas. “Kerja sama dengan SMP Negeri 2 Kota Magelang menginspirasi kami untuk terus meningkatkan kualitas dan pelayanan pada siswa dan orang tua wali.” ungkap Samsul di kantornya, kemarin.

Samsul melanjutkan, untuk meningkatkan kecerdasan siswa, sekolah yang dipimpinanya menggunakan struktur mata pelajaran yang mengombinasikan secara seimbang antara kurtilas, kurikulum Kemenag dan kurikulum pondok. Selain itu, pihaknya juga melengkapi dengan 18 kegiatan ektrakurikuler untuk menampung aktivitas dan kreativitas siswa.

Kedelapan belas kegiatan ektrakurikuler itu diantaranya tahfidzul Qur’an, tilawatil Qur’an, mukhadloroh (pidato), beladiri Tapak Suci, kepanduan Hizbul Wathan (HW), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), pelatihan dakwah lapangan (PDL), sepak bola, futsal, literasi, sains club, english club, micro teaching, training notivasi, studi wisata, rihlah, tataboga dan adiwiyata.

Waka Kesiswaan MTs Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak Imam Prayogo menambahkan, untuk meningkatkan mental siswa, madrasah juga punya program kegiatan pelatihan dakwah lapangan (PDL). “Kegiatan ini dilaksanakan oleh santri kelas IX selama mengisi libur semester gasal, mereka live in dan membaur dengan dengan masyarakat, sekaligus praktik dakwah,” ungkapnya.

Imam membeber, banyak prestasi yang ditorehkan para siswa di tahun ajaran 2016/2017, baik prestasi lokal, regional, nasional bahkan internasional. Untuk tingkat nasional antara lain, dalam kejuaran Tapak Suci Pimda 47 Championship Open Tournamnet 2016 Jakarta oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Delta Rangga Yusaputra, siswa kelas VII meraih medali perak, Muhammad Raffi M (VII, perunggu), Muhammad Syafiq Ali M (VII, perunggu), Abdurrahman Al Husnie (VIII, emas), Aji Widodo (VIII, perak), Aziz Mauludin Rahman (VIII, perak), Faishal Rosyad M (VIII, emas), Naufal Asmar Nafi (VIII, emas), Mardan Putra Wahtiyan (IX, emas).

Untuk tingkat Provinsi, dalam Piala Gubernur Pencak Silat Open Tournament Jogjakarta Championship 1 2017, M Chairul Zean siswa kelas VIII meraih medali emas, Aziz Mauludin Rahman (VIII, emas dan perak), Dimas Farhan Farid (VII, emas), Delta Rangga Yusaputra (VII, emas), Muhammad Rizal (VII, emas), Dafa Adi Pratama (VII, emas) dan masih banyak lagi siswa lainya. Adapun untuk tingkat Kabupaten, dalam Popda Pencak Silat Kabupaten Temanggung 2017 Abdurrahman Al Husnie siswa kelas VIII meraih juara I dan Faishal Rosyad M (VIII, juara II). (san/sct/ton)