Cari 54 Atlet Baru

PPLOP Terapkan Kriteria Ketat

3490
TAK ADA TITIPAN: Seleksi atlet PPLP pada tahun lalu di Stadion Jatidiri Semarang. Disporapar Jateng akan menggelar seleksi untuk 16 cabor PPLOP, 15-18 Mei mendatang. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TAK ADA TITIPAN: Seleksi atlet PPLP pada tahun lalu di Stadion Jatidiri Semarang. Disporapar Jateng akan menggelar seleksi untuk 16 cabor PPLOP, 15-18 Mei mendatang. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Sebanyak 16 cabang olahraga yang ada di program Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jateng akan menggelar seleksi penerimaan siswa atlet baru pada 15-18 Mei mendatang.

Kepala Balai PPLOP Jateng Retno Fajar Astuti menjelaskan, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng akan merekrut sebanyak 54 atlet pelajar baru dalam seleksi mendatang untuk 16 cabor. jumlah tersebut untuk menggantikan jumlah atlet pelajar yang telah lulus tahun ini. “Jadi tahun ini ada 39 atlet yang sudah lulus dan kalau di PPLOP ada sistem degradasi maka sisanya untuk menutup atlet yang kemarin telah terdegradasi. Jadi total ada 54 atlet pelajar baru yang akan kami rekrut,” bebernya.

Dari 16 cabor tersebut atletik membutuhkan jumlah atlet baru terbanyak yaitu tujuh atlet, kemudian sepak bola (4), balap sepeda (4), panahan (4), sepak takraw (3), bulu tangkis (4), bola voli indoor putra (2). Kemudian angkat besi membutuhkan enam atlet, tinju (2), karate (2), dayung (4), bola basket (3), taekwondow (1), anggar (5), bola voli pantai putri (2) dan panjat tebing (1). Retno menambahkan, selain di gelar di Semarang, seleksi dua cabor yaitu dayung akan digelar di Demak dan voli pantai di GOR Wujil, Kabupaten Semarang.

“Di PPLOP total ada 26 cabor. Dan memang tidak semua cabor digelar seleksi karena beberapa cabor atletnya masih lengkap, selain itu ada cabor seperti renang yang telah memiliki database catatan waktu melalui beberapa kejuaraan jadi perekrutanya lebih mudah,” sambung Retno.

Di ajang seleksi mendatang Retno dihubungi kemarin menambahkan Disporapar Jateng juga melibatkan berbagai pihak yang berkompeten termasuk pelatih dan Pengprov masing-masing cabor yang ada di Jateng. “Jadi selain seleksi besok akan digelar secara berlapis mulai seleksi administrasi, kemudian tes kemampuan di masing-masing cabor setelah itu tes psikologi serta tes fisik dan tes kesehatan. Jadi akan cukup ketat karena kami memang ingin mencari bibit-bibit atlet yang terbaik yang ada di Jateng,” sambungnya.

Masing-masing cabor kata Retno juga akan memasukkan kriteria khusus sebagai persyaratan mutlak. ”Seperti misal cabor bola voli harus bertinggi minimal 180 cm. dan setiap cabor pasti ada persyaratan khusus,” pungkasnya. (bas/smu)