Belajar Tanam Gandum di UKSW

655
RESMI: Dekan FPB UKSW Bistok Hasiholan Simanjuntak menggunting pita saat peluncuran Griya Gandum Tropis di Kebun Salaran, Minggu (7/5). (IST)
RESMI: Dekan FPB UKSW Bistok Hasiholan Simanjuntak menggunting pita saat peluncuran Griya Gandum Tropis di Kebun Salaran, Minggu (7/5). (IST)

SALATIGA –Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga meluncurkan Griya Gandum Tropis. Program ini adalah embrio yang menggambarkan perjalanan tanaman gandum.

Bertempat di Kebun Percobaan Salaran Kabupaten Semarang, peluncuran ditandai dengan pengguntingan pita oleh Dekan FPB UKSW Bistok Hasiholan Simanjuntak, Minggu (7/5). Bistok Hasiholan menuturkan Griya Gandum Tropis ini digagas oleh Tinjung Mary Prihtanti, serta beberapa dosen FPB UKSW lainnya. Griya Gandum Tropis merupakan salah satu bukti fokus FPB UKSW terhadap gandum di Indonesia.

“Jadi kalau ada yang mau belajar tentang gandum bisa datang ke Fakultas Pertanian dan Bisnis UKSW,” ujar Bistok Hasiholan.

Tinjung Mary Prihtanti yang ditemui di sela acara menuturkan, Griya Gandum Tropis ini masih dalam tahap awal. Namun dia berharap langkah awal ini bisa mendatangkan manfaat untuk masyarakat dan siswa yang ingin tahu tentang gandum.

“Kami ingin menyebarluaskan tentang gandum kepada masyarakat sehingga penelitian gandum tidak hanya berhenti di publikasi ini. Jika ada yang ingin tahu gandum lebih banyak, bisa mengunjungi griya ini, tidak perlu menunggu musim tanam gandum,” tuturnya.

Peluncuran Griya Gandum Tropis menjadi salah satu rangkaian acara peringatan 50 tahun FPB UKSW. Beberapa kegiatan juga diadakan fakultas ini seperti ibadah syukur, jalan santai dan temu kangen alumni. Jumat (5/5) lalu telah diadakan kegiatan Konser Karya Ilmiah Nasional (KKIN) di Balairung UKSW dengan pembicara tunggal Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Dimyati. (sas/ton)