438 Siswa SMK Ikuti Seleksi Indomobil

1830
TEST SELEKSI : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, saat memberikan motivasi kepada peserta test seleksi penerimaan calon tenaga kerja PT Suzuki Indomobil Motor, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TEST SELEKSI : Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, saat memberikan motivasi kepada peserta test seleksi penerimaan calon tenaga kerja PT Suzuki Indomobil Motor, kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KAJEN–Sebanyak 438 siswa kelas 3 SMK dan alumni, selama dua hari mengikuti tes seleksi calon tenaga kerja PT Suzuki Indomobil Motor, di SMK, Gondang Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Selasa (9/5) kemarin. Rencananya PT Suzuki Indomobil Motor membutuhkan 1200-an tenaga kerja yang akan ditempatkan di Jakarta.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, saat memberikan motivasi kepada seluruh peserta test mengungkapkan agar para peserta memanfaatkan kesempatan mengikuti tes seleksi dengan baik. Karena kesempatan untuk mengikuti test tersebut tidak mudah dan hanya siswa yang berprestasi yang dapat mengikutinya.

Menurutnya setelah para siswa diterima bekerja di PT Suzuki Indomobil Motor, agar selalu menjaga kejujuran, tanggung jawab, disiplin, menghargai pimpinan dan kerjasama antarpekerja, dan tetap menjaga nama baik Kabupaten Pekalongan. “Kita harus berkompetisi, harus jujur dan harus bekerja keras. Inilah kunci sukses. Siap disiplin, anak-anak? Tolong kuasai teknologi agar bisa bersaing dengan tenaga kerja dari negara-negara tetangga, tetapi hati jangan sampai mati,” ungkap Bupati Asip.

Bupati Asip juga mengatakan bahwa sesuai dengan janji kampanyenya, untuk melakukan pengadaan tenaga kerja sebanyak 100 ribu orang. Karena itu pihaknya melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan nasional dengan pengadaan tenaga kerja dari Kabupaten Pekalongan.

Menurutnya, saat ini Pemkab Pekalongan juga mempermudah perizinan, agar investor membuka usahanya di Kabupaten Pekalongan dan mempekerjakan warganya yang belum bekerja. Sehingga mengurangi jumlah pengangguran, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya ingin sesuai apa yang pernah saya janjikan saat kampanye dulu, yaitu akan menyalurkan tenaga kerja dan membuka lapangan kerja baru untuk 100 ribu tenaga kerja. Sebentar lagi akan ada kawasan industri di wilayah Siwalan seluas 102 hektare dan akan menyerap 10 ribu tenaga kerja. Mohon dukungan dari semua pihak agar hal ini bisa terwujud,” kata Bupati Asip.

Sementara itu, Manajer SDM (HRD) PT Suzuki Indomobil Motor, Ibnu Haris, menandaskan agar seluruh peserta mengikuti seleksi dengan sungguh-sungguh dan semaksimal mungkin agar lulus. Menurutnya, PT Suzuki Indomobil Motor tidak hanya membutuhkan karyawan yang pintar, namun juga membutuhkan karyawan yang ingin terus belajar dan mengembangkan potensi dirinya, yang nantinya akan berdampak pada kemajuan perusahaan.

”Kami tidak mencari sumber daya manusia yang pintar, tapi yang memiliki keinginan belajar dan maju. Untuk itu, kami membutuhkan sekitar 1200-an pekerja baru. Artinya kesempatan lulusan SMK disini sangat besar sekali,” tandas Ibnu. (thd/ida)