Tujuh Siswa SMA Taruna Nusantara Raih Penghargaan

3331
TIGA SISWA TERBAIK: Tiga siswa SMA Taruna Nusantara Angkatan ke-XXV mendapat penghargaan Bintang Garuda Tri Sakti Taruna Tama, yaitu siswa lulusan terbaik pada kebulatan tiga aspek: akademik, kepribadian, dan kesamaptaan jasmani, pada acara Upacara Prasetia Alumni SMA Taruna Nusantara, Sabtu (6/5) lalu. (HUMAS SMA TN UNTUK JP RADAR KEDU)
TIGA SISWA TERBAIK: Tiga siswa SMA Taruna Nusantara Angkatan ke-XXV mendapat penghargaan Bintang Garuda Tri Sakti Taruna Tama, yaitu siswa lulusan terbaik pada kebulatan tiga aspek: akademik, kepribadian, dan kesamaptaan jasmani, pada acara Upacara Prasetia Alumni SMA Taruna Nusantara, Sabtu (6/5) lalu. (HUMAS SMA TN UNTUK JP RADAR KEDU)

MAGELANG–Sebanyak tujuh siswa SMA Taruna Nusantara Angkatan XXV berhasil meraih penghargaan selama menempuh program pendidikan angkatan XXV Tahun Akademik 2014-2017. Penghargaan tersebut diberikan saat acara Upacara Prasetia Alumni SMA Taruna Nusantara, Sabtu (6/5) lalu, di Balairung Pancasila.

Kepala SMA Taruna Nusantara, Drs Usdiyanto M. Hum, dalam laporan pendidikan mengatakan, tujuh siswa tersebut mendapat penghargaan dengan menimbang hasil yang didapat selama mengikuti program pendidikan angkatan XXV tahun akademik 2014-2017. Untuk penghargaan Bintang Garuda Tri Sakti Taruna Tama, tambah Usdiyanto, merupakan penghargaan yang diberikan kepada siswa lulusan terbaik pada kebulatan ketiga aspek akademik, kepribadian, dan kesamaptaan jasmani.

“Untuk kategori emas diraih oleh siswa Deas Makalingga Emiri asal Semarang, Jawa Tengah; untuk perak diraih oleh siswa Dwi Ayu Sulistyaningrum asal Demak, Jawa Tengah, dan perunggu diraih oleh siswa Muhammad Salsabila Rafi asal Madiun, Jawa Timur,” jelas Usdiyanto.

Sedangkan empat siswa lain yang mendapat penghargaan, tambah Usdiyanto, dua siswa meraih penghargaan Kartika Cendekia yang diberikan kepada siswa lulusan terbaik aspek akademik, memperoleh nilai tertinggi pada kebulatan nilai sekolah dan nilai ujian. Rinciannya, peminatan MIPA diraih oleh siswa Thierris Nora Kusuma asal Pekanbaru Riau; dan peminatan IPS diraih oleh siswa Aliya Hasna Mazaya asal Cimahi, Jawa Barat.

Sedangkan dua siswa lain, jelas Usdiyanto, mendapat penghargaan Taruna Cendekia Buana, karena meraih prestasi lomba di tingkat internasional. Yakni, Febriananda Wida Pramudita asal Magelang Jawa Tengah atas prestasi meraih medali perak di Singapore National Olympiad In Informatics pada 2017; serta medali perak dan perunggu di International Competitions And Assessment For School (ICAS) pada tahun 2014 dan 2015.

“Untuk siswa Sketsa Nada Alfainsana asal Tegal Jawa Tengah atas prestasinya sebagai peraih Quranic Recitation Silver Award (SICSEF) di Johor Malaysia pada 2014.” Untuk hasil prestasi pada ujian sekolah dan ujian nasional, Usdiyanto menjelaskan, peringkat hasil ujian nasional mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yaitu peringkat 1 di Kabupaten Magelang dan peringkat 4 di tingkat provinsi Jawa Tengah untuk peminatan MIPA.

“Khusus mata pelajaran Fisika peringkat 1 di Provinsi Jawa Tengah, mata pelajaran Bahasa Indonesia mendapat klasifikasi A. Perolehan nilai UN 2017, peminatan MIPA rata-rata tertinggi nilai UN adalah 94,9 dan rata-rata nilai UN seluruh siswa 80,5 dengan 11 siswa mendapat nilai 100 yaitu mapel Kimia 2 siswa, Fisika 2 siswa, dan Matematika IPA 7 siswa. Untuk peminatan IPS, rata-rata tertinggi nilai UN adalah 90,1. Total 360 siswa dinayatakan lulus 100 persen.”

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan, Laksamana Madya Dr Widodo dalam sambutannya mewakili Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyampaikan, semua siswa yang dididik di SMA Taruna Nusantara adalah dengan pendidikan khusus. Utamanya, dalam penanaman nilai-nilai dan pembentukan karakter sebagai generasi muda yang memiliki kesadaran bela negara.

“Hendaknya nilai-nilai tersebut tetap terpatri didalam hati sanubari kalian kemana pun kalian melanjutkan medan pengabdian. Nilai-nilai ini yang membedakan kalian dengan rekan-rekan sejawat anda di tempat lain.”

Widodo juga berpesan kepada alumni siswa SMA Taruna Nusantara untuk terus berprestasi aktif di tengah masyarakat, ikut menjaga ketertiban umum, mampu menjadi teladan, serta menjadi sosok generasi muda dengan sikap dan perilaku positif, serta selalu mengupayakan terciptanya nilai-nilai masyarakat yang modern yang penuh tanggung jawab.

“Jaga nama baik almameter dan SMA Taruna Nusantara. Tunjukkan bahwa kalian adalah alumni SMA unggulan dan sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan.” (cr3/sct/isk)