MOBIL LISTRIK UNTIDAR: Purwarupa mobil listrik bernama Elang Untidar pada Magelang Fair 2017 di Alun-Alun Kota Magelang. (HUMAS UNTIDAR UNTUK JP RADAR KEDU)
MOBIL LISTRIK UNTIDAR: Purwarupa mobil listrik bernama Elang Untidar pada Magelang Fair 2017 di Alun-Alun Kota Magelang. (HUMAS UNTIDAR UNTUK JP RADAR KEDU)

Universitas Tidar (Untidar) resmi meluncurkan purwarupa mobil listrik Elang Untidar pada gelaran Magelang Fair 2017 di Alun-Alun Kota Magelang yang berlangsung sejak Sabtu (6/5) lalu. Seperti apa?

PROTOTYPE atau purwarupa mobil listrik tersebut, merupakan hasil karya empat mahasiswa dan dosen DIII Teknik Mesin. Hanya saja, purwarupa mobil tersebut masih perlu pengembangan lagi.

Masih banyak kekurangan yang harus dikoreksi serta dikembangkan. “Tidak menutup kemungkinan, di kemudian hari, purwarupa tersebut menjadi sarana transportasi alternatif di Kota Magelang,” tutur Ketua Tim Mobil Listrik, Sigit Joko Purnomo, ST, MT.

Dosen DIII Teknik Mesin Untidar itu menyampaikan, pihaknya melibatkan empat mahasiswa. Yaitu, Lukman NH, Bangkit Hendra Pratama, Setya Pambudi, dan Nurofik dalam pengerjaan mobil listrik.

Salah satu mahasiswa, Lukman mengatakan, pada Desember 2016, pihak tim sudah mulai membahas konsep awal seputar tinggi, bahan, serta steering dengan tujuan membuat rangkaian komponen seringan mungkin.

Sehingga kecepatan mobil bisa maksimal. Proses perakitan mesin, tambah Lukman, dimulai pada Februari-April 2017. Sedangkan bodi mobil dibuat awal Mei 2017.

Lukman menjelaskan, Elang Untidar memiliki panjang 260 cm dan tinggi 70 cm. Mobil ini mengandalkan tenaga listrik dari 4 aki yang dirangkai secara seri, dengan total daya 48 volt. Kecepatan maksimal diperkirakan mencapai 50 km/jam. Pengisian daya ulang juga tidak terlalu lama, kurang dari 30 menit. (agus hadianto/isk)