Ciptakan Genre Urban SUV

Suzuki Ignis

2664
SPORTY : Model berpose disampung Suzuki Ignis tipe GX yang dilengkapi roof rails two tone colour. (Nurchamim/jawa pos radar semarang)
SPORTY : Model berpose disampung Suzuki Ignis tipe GX yang dilengkapi roof rails two tone colour. (Nurchamim/jawa pos radar semarang)

Pasar otomotif di Indonesia kembali diramaikan oleh produk baru. Kali ini Suzuki mengeluarkan Ignis dengan mengusung konsep mobil crossover namun dengan bentuk yang lebih kecil. Mobil ini diklaim menciptakan genre baru, yakni urban SUV dan menyasar pangsa pasar kalangan anak muda ataupun keluarga kecil dengan jiwa penjelajah namun tetap fungsional.

General Manager PT Sejahtera Sunido Trada (SST) Isbowo mengatakan varian terbaru dari Suzuki tersebut mengusung aliran baru di dunia otomotif. Bahkan pria yang akrab disapa Bowo ini, mengaku jika Ignis belum memiliki kompetitor secara langsung di kelas mini SUV.

“Jenisnya mini SUV namun dengan genre yang berbeda yakni urban SUV karena desainnya yang lebih stylish dan cenderung ke anak muda,” katanya saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.

Dimensi yang cenderung kecil tersebut, sengaja dibuat agar mobil lebih lincah ketika membelah jalanan. Walaupun dimensinya kecil, ketika masuk ke dalam kabin kesan tersebut akan hilang. Hal ini dikarenakan pentaaan ruang dari Suzuki yang baik membuat mobil masih cukup longgar. Pada bagian atas mobil untuk tipe GX dilengkapi dengan roof rails two tone colour.

“Sisi interior memakai body colour ornament sehingga terkesan mewah. Selain itu juga dilengkapi multi informasi display dan bisa terintegrasi dengan ponsel. Keyless entry dan button stop start khusus tipe GX, automatic climate AC and heaterm” tuturnya.

Ia menambahkan Ignis memiliki tampilan yang gagah dan bisa terlihat dari depan, dimana tampilan grill depan terlihat adanya lubang-lubang pada grill serta aksen krom yang mengelilingi bagian headlamp dan grill. Dari segi keamanan mobil tersebut sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan dual air bag.

Ground clearance mobil sekitar 18 centimeter, sementara velg menggunakan warna hitam agar terlihat sporty. Bumper bawah yang menggunakan wana hitam dof. Sedangkan untuk tampilan foglamp masih menggunakan desain membulat,” jelasnya.

Beralih ke bagian mesin, Suzuki Ignis menggusung mesin 3 silinder dengan kapasitas 1,197 cc dengan jenus K12 m DVT DHOC. Sementara untuk supai bahan bakar sendiri Suzuki Ignis menggunakan sistem MPFI milik Suzuki dimana pengeluaran bahan bakar akan lebih terkontrol serta dengan lolosnya Euro 2, maka sudah dapat dipastikan mobil ini memiliki gas buang yang lebih ramah lingkungan. “Transminya dibagi dua yakni matik dan manual 5 percepatan, untuk tipe tertinggi menggunakan empat penggerak roda,” tambahnya.

Isbowo mengungkapkan pasca diperkenalkan April lalu, khusus wilayah Jateng, varian tersebut ditargetkan bisa menyumbangkan kontribusi penjualan sebesar 20 persen atau nomor tiga terbesar dari semua produk Suzuki.

Ignis sendiri dijual dengan harga Rp 145 jutaan untuk tipe terendah, dan Rp 175 jutaan untuk tiper tertinggi. “Sejak dilincurkan hingga awal Mei ini sudah ada 161 unit yang terjual, dan ke depan akan menjadi salah satu backbone produk kami setelah kendaraan komersial, dan Ertiga,” tambahnya. (den/ric)