Indonesia Juara Umum SEAKF 2017

1202
MEMBANGGAKAN: Kontingen Indonesia menjadi juara umum SEAKF 2017, para juara pun foto bersama usai bertanding di Astina Convention Semarang, Jumat (5/5). (AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MEMBANGGAKAN: Kontingen Indonesia menjadi juara umum SEAKF 2017, para juara pun foto bersama usai bertanding di Astina Convention Semarang, Jumat (5/5). (AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

 SEMARANG – Balairung (BU) Astina UTC Convention Semarang bergemuruh oleh sorak-sorai pendukung para atlet Kejuaraan Karateka Internasional 6th (SEAKF) Championship 2017, Jumat (5/5) kemarin. Kejuaraan tersebut merupakan pertandingan kelas senior sebagai ajang persiapan menuju Sea Games Malaysia 2017, Agustus mendatang.

”Target Sea Games, Indonesia bisa meraih 2 medali emas. Untuk SEAKF ini kita sudah berhasil melampaui capaian target 4 emas,” ungkap Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB Forki, Zulkarnaen Purba di sela-sela pertandingan kumite senior.

Indonesia yang diwakili kontingen Merah Putih sukses lampaui target 4 emas dari Prima dan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI).

Sebelumnya, kontingen merah putih mampu menyabet 8 emas. Kontingen merah putih sendiri terdiri atas 10 karateka putra dan 10 karateka putri.

Salah satu kontingen dari Indonesia, Srunita Sari, 24, mengaku lawan terberat adalah kontingen Vietnam. ”Vietnam bukan lawan yang mudah, kita harus kerja keras, kejar-mengejar serta menjaga poin, dan Puji Tuhan kami diberi kesempatan untuk menang,” ujar Srunita yang menjadi penentu kemenangan tim beregu Indonesia, kemarin.

Meskipun ditarget, mahasiswi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Medan ini tidak menganggap target itu menjadi sebuah beban, namun justru membuatnya lebih giat berlatih dalam mencapai target yang sudah ditentukan.

Pelatih kontingen Merah Putih, Zakarias Sogorom, mengatakan, hasil ini menjadi evaluasi untuk persiapan tim Indonesia dalam Sea Games mendatang. Dalam pertandingan ini pihaknya memperhatikan strategi bermain dari saingan-saingan terberatnya, seperti Vietnam dan Malaysia. ”Ini kan event pra Sea Games, masih banyak hal yang harus kami evaluasi dari kejuaraan ini,” tandasnya.

Seperti diketahui, perhelatan Kejuaraan Karate Internasional 6th (SEAKF) Championship 2017 dimulai sejak Kamis (4/5) dan berakhir Jumat (5/5) ini diikuti sedikitnya 266 atlet dari 7 negara di Asia Tenggara. Indonesia menjadi Juara Umum dengan perolehan medali 23 emas, 20 perak dan 30 perunggu disusul oleh Vietnam dan Thailand. (tsa/zal/ce1)