Wujudkan Pendidikan Berkualitas dan Merata

564
MERIAH: Sebanyak 300 guru TK/RA di Salatiga bermain drumband untuk memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Pancasila, Selasa (2/5). (DHINAR SASONGKO/RADAR SEMARANG)
MERIAH: Sebanyak 300 guru TK/RA di Salatiga bermain drumband untuk memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Pancasila, Selasa (2/5). (DHINAR SASONGKO/RADAR SEMARANG)

SALATIGA – Kota Salatiga menggelar peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan semarak. Upacara bendera dilaksanakan di Lapangan Pancasila, Selasa (2/5) dengan Inspektur Upacara Pj Wali Kota Salatiga Achmad Rofa’i.

Peserta upacara yang terdiri siswa-siswi berbagai usia berseragam Pramuka, SD, SMP, SMA hingga universitas tampak bersemangat mengikuti upacara yang bertepatan dengan Hari Kelahiran Pahlawan Nasional Pendidikan Ki Hadjar Dewantara ini. Para guru dan ASN lainnya tak kalah semangat mengikuti upacara.

Dalam amanatnya, Rofai membacakan sambutan Mendiknas RI yang menyampaikan pentingnya reformasi pendidikan nasional merupakan proses jangka panjang yang perlu disampaikan secara sistemis, prosedural dan bertahap. “Serta untuk mewujudkannya diperlukan dukungan dan partisipasi konstruktif semua jajaran pelaksana pendidikan, pemangku kepentingan pendidikan, bahkan seluruh warga negara Indonesia,” papar Rofa’i. Masyarakat diajak bersama-sama menyingsingkan lengan baju untuk  cancut tali wondo demi terwujudnya pendidikan berkualitas yang merata di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini disampaikan berbagai penghargaan pendidikan siswa berprestasi baik tingkat nasional, regional, provinsi, maupun kota. Prestasi tersebut diantaranya tingkat nasional diraih Evando Josano R (SMA 2) yang meraih prestasi juara 1 Olimpiade Bahasa Jerman, SMU N 1 juara 1 paduan suara. Untuk tingkat regional ada nama Sindhu Tegar (SMA N 1) juara 1 Jambore Pelajar Teladan Bangsa Se-Jawa, Diva Cahyani juara 1 lomba Bahasa Jepang Japan Foundation Bunkasai Jateng/DIY.

Selain itu juga ada puluhan prestasi lain untuk tingkat provinsi dan kota. Pada kesempatan peringatan Hardiknas kali ini ditampilkan drumband oleh lebih dari 300 guru TK/RA se-Kota Salatiga yang memainkan lagu-lagu daerah dan nasional. (sas/ton)