Lulus Tapi Pantang Corat-Coret

976
MAKNAI KELULUSAN : SMK Citra Medika Kota Magelang memberikan pelayanan kesehatan gratis dan mendonasikan buku untuk masyarakat dalam rangka selebrasi kelulusan, bertajuk Save My Graduation, di Alun-alun kota, kemarin. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
MAKNAI KELULUSAN : SMK Citra Medika Kota Magelang memberikan pelayanan kesehatan gratis dan mendonasikan buku untuk masyarakat dalam rangka selebrasi kelulusan, bertajuk Save My Graduation, di Alun-alun kota, kemarin. (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

MAGELANG – Perayaan kelulusan SMK Citra Medika Kota Magelang patut ditiru. Selasa (2/5), usai pengumuman kelulusan, 110 siswa berjalan kaki dari sekolah menuju ke Alun-alun Kota Magelang untuk mengadakan Bhakti Kesehatan bertajuk Save My Graduation.

Kepala SMK Citra Medika Kota Magelang Hendratno Widhiatmanto mengatakan, para siswa memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat. Di antaranya, pemeriksaan tekanan darah, cek gula darah dan asam urat. Kegiatan ini wujud syukur atas kelulusan 100 persen dengan nilai memuaskan. “Biasanya kelulusan identik dirayakan dengan selebrasi yang negatif dan merugikan, tapi kami arahkan siswa untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk semua,” kata pria yang akrab disapa Hendro itu.

Selain itu, siswanya juga mengumpulkan buku untuk didonasikan kepada masyarakat yang membutuhkan atau penjual buku di pinggir jalan. “Kami mendukung program pemerintah kota untuk mengajak masyarakat gemar membaca,” tambahnya.

SMA Negeri 1 Magelang juga mengimbau para lulusan untuk berkegiatan yang positif. Salah satunya dengan menyumbangkan seragam sekolah yang sudah tidak terpakai. “Kami yakin, anak-anak juga tidak ada yang punya niat untuk konvoi di jalan dan corat-coret. Untuk pengumuman kelulusan, kami informasikan melalui website sekolah dan kami email langsung ke siswa,” ujar Kepala SMA N 1 Magelang Sucahyo Wibowo.

Yang membanggakan, sekolah ini kembali meraih peringkat pertama se-Jawa Tengah rata-rata nilai ujian nasional berbasis komputer (UNBK) IPA dan IPS tahun 2017. Nilai rata-rata IPA 488,01 dan IPS 497,42. Prestasi ini tercatat keempat kalinya SMA N 1 Magelang meraih rata-rata tertinggi, bersanding antara IPA dan IPS. Ada 24 siswa yang mendapatkan nilai sempurna atau 100 pada salah satu mata pelajaran. Meliputi 21 anak untuk mata pelajaran matematika dari program IPS. Kemudian dari program IPA, 2 anak mendapat 100 untuk matematika dan 1 anak di kimia.

“Saat ini ada 61 siswa yang sudah diterima jalur SNMPTN, dari 142 siswa yang ikut seleksi,” tambahnya. (put/ton)