Targetkan Wonosobo Juara KSM nasional

1772
BERANI TAMPIL: Murid MTS saat tampil lomba rebana di MAN Kalibeber. (ZAIN ZAINUDIN/JAWA POS RADAR KEDU)
BERANI TAMPIL: Murid MTS saat tampil lomba rebana di MAN Kalibeber. (ZAIN ZAINUDIN/JAWA POS RADAR KEDU)

WONOSOBO—Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) bekerja sama dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Madrasah (K3M) menggelar Kompetisi Sekolah Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) se-Wonosobo. Kompetisi bertempat di MAN Kalibeber, Sabtu (29/4) lalu.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Pendma) Kankemenag, Panut menjelaskan, KSM dilombakan setiap tahun. Mata pelajaran yang adalah sains dan pendidikan agama Islam. Sedangkan Aksioma dihelat per dua tahun sekali.

“Mapel yang dipertandingkan di KSM beragam. Diantaranya mapel Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi. Sementara untuk Aksioma melombakan MTQ, pidato bahasa Inggris, kaligrafi, madrasah singer, bulu tangkis, tenis meja, serta futsal.” Ada 96 MI yang mengikuti lomba. Juga 37 MTs dan 12 MA. “Semua madrasah ikut. Nggak ada satupun yang tidak mendelegasikan.”

Humas Pendma, Lilis Nur Muflihah, menambahkan, siswa terbaik atau juara pertama di ajang KSM akan mewakili Wonosobo pada KSM tingkat provinsi. “Targetnya siswa siswi madrasah Wonosobo bisa menasional. Beberapa sudah terbukti, seperti pidato bahasa Arab kita dapat juara 2 tingkat nasional pada 2015. Kami sangat optimismis.” (cr2/isk)