BERTANI: Sejumlah petani mengikuti peluncuran Sekolah Tani Maju Sejahtera di Nanggulan, Tingkir, Salatiga, Jumat (28/4). (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BERTANI: Sejumlah petani mengikuti peluncuran Sekolah Tani Maju Sejahtera di Nanggulan, Tingkir, Salatiga, Jumat (28/4). (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SALATIGA – PKS Salatiga meluncurkan program sekolah tani “Maju Sejahtera” di Nanggulan, Tingkir, Salatiga, Jumat (28/4). Peluncuran sekolah tani ini diikuti oleh 25 petani yang tersebar di Kota Salatiga. Ada petani dengan kepemilikan lahan sawah, lahan tegalan, hingga lahan pekarangan.

Dimulainya program sekolah tani ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Sekretaris Umum PKS Salatiga Titik Anggraeni. Potongan tumpeng kemudian diberikan kepada Ketua Bidang Petani, Pekerja, dan Nelayan (BPPN) PKS Salatiga Siti Khoiriyah.

Dalam sambutannya, Titik menyampaikan bahwa program ini digulirkan sebagai bentuk dukungan PKS terhadap pengembangan usaha pertanian di Kota Salatiga. “Meskipun sekolah tani ini bersifat informal, silakan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk saling berdiskusi dan bertukar pengalaman di bidang pertanian,” terang Titik.

Sekolah tani ini merupakan bentuk sekolah informal berbasis pemberdayaan masyarakat. Dalam kegiatannya para petani bisa berdiskusi saling bertukar ilmu dan pengalaman. Selain itu juga akan diberikan pelatihan secara berkala dan mempraktikkan langsung dari hasil pelatihan. Sebagai pembimbing langsung di bawah Awaludin Isnaeni dan Siti Khoiriyah. Keduanya merupakan pasangan suami istri lulusan pertanian dan sekarang memiliki usaha toko pertanian. (sas/ton)