MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Temanggung Laksanakan UNBK

1680
SIAP UJIAN: Kepala MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Samsul memandu simulasi persiapan UNBK di laboratorium komputer sekolah setempat. (Dok MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak for Radar Kedu)
SIAP UJIAN: Kepala MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Samsul memandu simulasi persiapan UNBK di laboratorium komputer sekolah setempat. (Dok MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak for Radar Kedu)

TEMANGGUNG – MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung menjadi satu-satunya MTs di Temanggung yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada tahun pelajaran 2016/2017. UNBK akan berlangsung mulai 2 Mei hingga 8 Mei 2017.

Selain mempersiapkan peralatan, teknisi dan proctor, pihak sekolah juga membekali peserta dengan pendalaman materi ujian, pelatihan secara teknis dan kesiapan secara psikologis. Dengan tiga aspek persiapan tersebut, peserta lebih siap dan tidak merasa tertekan dalam menghadapai UNBK.

Salah satu siswa MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung peserta UNBK, Fadli Maulana menuturkan, untuk memantapkan kesiapan siswa ikut UNBK tahun ini, sekolahnya telah dua kali melakukan simulasi UNBK. Menurutnya, setelah dua kali simulasi, para peserta merasakan lebih nyaman, lebih fokus mengerjakan setiap soalnya. “Perhatian kami tidak terbagi pada soal lain karena dalam layar komputer hanya muncul satu soal untuk satu tayangan. Deteksi waktu yang berjalan mundur juga menguntungkan kami karena kami lalu bisa membagi waktu. Berbeda dengan UN berbasis kertas yang semua soal sudah bisa dibaca sehingga justru yang terbayang adalah soal-soal yang sulit,” aku Fadli usai simulasi.

Kepala MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Samsul menuturkan, tahun ini, 63 siswa kelas 9 MTs Al-Mu’min akan mengikuti UNBK yang pelaksanaannya menumpang di SMK Grafika Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak. Ia meminta agar anak-anak bisa melaksanakan UNBK dengan baik, menjunjung tinggi kejujuran. “Saya juga minta kepada orang tua agar di tengah-tengah kesibukan masing-masing, sempatkan waktu untuk bermunajat pada Allah agar putra-putrinya yang akan melaksnakan UNBK bisa berjalan lancar dan sukses,” pinta Samsul.

Samsul juga berharap agar pada saat pelaksnaan UNBK dapat dipastikan tidak ada masalah listrik. Meskipun begitu, pihaknya menyiapkan diesel untuk antisipasi. “Kami berharap tahun yang akan datang pemerintah komitmen melaksanakan UNBK dengan segala konsekuensinya. Salah satunya adalah bantuan komputer bagi yang melaksanakan UNBK,” ungkapnya. (san/ton)