KELILING KAMPUNG: Ribuan warga mengikuti jalan sehat roadshow Kampung Hebat di RW 5 Kelurahan Mangunharjo, Tembalang, kemarin. (bawah) Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Agung Budi Margono bersama Direktur Jawa Pos Radar Semarang, Abdul Aziz, ikut jalan sehat keliling kampung. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KELILING KAMPUNG: Ribuan warga mengikuti jalan sehat roadshow Kampung Hebat di RW 5 Kelurahan Mangunharjo, Tembalang, kemarin. (bawah) Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Agung Budi Margono bersama Direktur Jawa Pos Radar Semarang, Abdul Aziz, ikut jalan sehat keliling kampung. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANGRoadshow Kampung Hebat hasil kerja bareng Jawa Pos Radar Semarang dan Pemkot Semarang telah mencapai puncaknya Minggu (30/4) kemarin. Roadshow kelima atau pamungkas ini digelar di RW 5 Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang. Sekitar 1.500 warga setempat tumplek-blek mengikuti senam bersama dan jalan sehat. Selain dimeriahkan pembagian doorprize sepeda gunung, TV LED, DVD player, dan sejumlah hadiah menarik lain. Juga diundi hadiah utama program balot Kampung Hebat berupa 1 unit sepeda motor matic dari Viar. Roadshow kemarin juga disemarakkan puluhan stan kuliner, UMKM, otomotif, dan penyedia jasa internet.

Yang istimewa, jalan sehat kemarin dilepas oleh Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Agung Budi Margono. Wakil rakyat dari PKS itu mengibarkan garis start bersama Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Semarang, Jaka Sukawijana; Camat Tembalang, Pravarta Sadman dan Direktur Jawa Pos Radar Semarang, Abdul Aziz.

Agung Budi Margono mengatakan, RW 5 Kelurahan Mangunharjo tergolong beruntung karena dipilih sebagai acara pamungkas Roadshow Kampung Hebat. Begitu pula empat RW lain yang pernah disinggahi roadshow Kampung Hebat Sebab, ada seribu lebih RW di Kota Semarang, tapi hanya 5 yang dipilih. ”Kalau sudah diberi kepercayaan menjadi tuan rumah, harus bisa lebih kompak dibanding RW lain,” katanya.

Menurutnya, Kampung Hebat merupakan salah satu upaya merangsang warga untuk lebih serius memajukan kotanya. ”Yang penting, masyarakat dan pemerintah harus saling membantu demi Kota Semarang. Kota ini tidak bisa besar karena satu atau dua orang saja, tapi semuanya harus berpartisipasi,” ujarnya.

Direktur Jawa Pos Radar Semarang, Abdul Aziz, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga Kota Atlas yang berpartisipasi dalam rangkaian Kampung Hebat. Dia pun berpesan agar warga tetap semangat menjaga kerbersihan dan kesehatan kampung masing-masing meski Kampung Hebat telah mencapai final. ”Pola hidup sehat dan kesehatan lingkungan terus dipertahankan. Atau mungkin malah ditingkatkan meski event Kampung Hebat usai. Semoga Kota Semarang semakin hebat,” tegasnya.

Ia juga berharap, ke depan program Kampung Hebat kembali digelar dengan sejumlah inovasi. Karena itu, ia berharap Agung Budi Margono selaku legislatif bisa men-support-nya. “Kami titip Pak Agung, program ini bisa terus berlanjut, dan didukung kawan-kawan di dewan,” harapnya.

Ketua RW 5 Kelurahan Mangunharjo, Suwarno, mengaku senang wilayahnya menjadi tuan rumah Roadshow Kampung Hebat. Ia bersama warganya sebenarnya sangat berharap Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bisa hadir di tengah-tengah warganya. ”Ya, mungkin karena ada acara lain, sehingga Pak Wali nggak bisa rawuh. Mudah-mudahan ke depan beliau bisa hadir ke kampung ini,” harapnya.

Suwarno mengaku saat ini masih memiliki pekerjaan rumah menyelesaikan balai RW masih belum sempurna. Peletakan batu pertama balai RW itu dilakukan Hendrar Prihadi, dan kini masih memerlukan banyak dana untuk penyempurnaan. ”Kalau Pak Wali rawuh sebenarnya mau saya tunjukkan. Karena balai RW ini murni hasil swadaya warga. Setiap arisan RT setiap bulan, warga iuran. Hasilnya, ya seperti ini. Atapnya sudah ada, tapi dindingnya masih bolong. Mudah-mudahan pemkot bisa bantu,” katanya.

Agung Budi Margono yang menerima uneg-uneg warga berjanji akan meneruskan ke eksekutif. ”Aspirasi warga akan kami teruskan ke wali kota,” ujarnya.

Setelah jalan sehat, warga dihibur pentas musik oleh dua penyanyi seksi. Selain itu juga diundi hadiah doorprize seperti, setrika listrik, peralatan kebersihan, dispenser, sepeda gunung dan LED TV 32 inchi. Nur Afif Harsani, menjadi salah satu warga yang beruntung. Siswi SMPN 17 Semarang ini mendapatkan hadiah TV LED 32 inchi. Sedangkan hadiah dua sepeda gunung, masing-masing diraih Dila dan Sari.

”Tadi sih iseng ikut, diajak orang tua, gak tahunya malah dapat TV. Lumayan bisa buat hadiah orang tua,” kata Nur Afif.

Di puncak acara kemarin, juga diundi kupon balot program Kampung Hebat dengan hadiah utama sepeda motor matic dari Viar Motor. Pengundian dilakukan oleh perwakilan Viar Motor, Ratih Retno Sari; Direktur Jawa Pos Radar Semarang Abdul Aziz, dan Manager Iklan Jawa Pos Radar Semarang, Tri Sutristyaningsih. Dari ribuan kupon balot yang terkumpul, rupanya dewi fortuna jatuh kepada Slamet, warga Jalan Elang Sari Raya, Kelurahan Mangunharjo. Slamet sendiri tidak menyangka bakal mendapat hadiah satu unit motor.

Ia mengaku, jika dirinya memang berencana membelikan motor kepada putranya yang kini duduk di bangku kelas XI SMAN 7 Semarang. ”Rencananya mau beliin motor Mas, Alhamdulillah malah dapat hadiah motor, tentu sangat senang sekali,” ucapnya.

Slamet mengakui setiap hari memang berlangganan Jawa Pos Radar Semarang. Ia mengumpulkan belasan balot, dan kebetulan pengundiannya dilakukan saat roadshow terakhir di kampungnya. ”Dari tadi malem sebelum ikut jalan sehat sudah berdoa dapat motor. Doa saya terkabul untuk bisa memberikan hadiah motor buat anak saya,” katanya haru.

Perwakilan Viar Motor, Ratih Retno Sari mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Jawa Pos Radar Semarang dan Pemkot Semarang tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pembangunan dan kemajuan Kota Semarang. ”Viar sangat senang mendukung kegiatan ini. Sebagai pabrikan otomotif dalam negeri, tentunya kami ingin turut serta memajukan bangsa melalui kegiatan seperti ini,” tuturnya.

Selasa (2/5) besok bertepatan dengan puncak HUT ke-470 Kota Semarang, para juara lomba Kampung Hebat 2017 akan diumumkan di halaman Balai Kota Semarang. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Semarang Haevarita Gunaryanti Rahayu akan menyerahkan hadiah dan plakat secara langsung kepada masing-masing juara di setiap kategori yang dilombakan. (den/amh/aro/ce1)