Bisa untuk Ajarkan Safety Riding

Latih Adrenalin dan Bakat Anak dengan Motor Mini

3608
KECIL TAPI GARANG : Motor trail mini cocok bagi anak yang akan dilatih offroad adventure. (Nurchamim/jawa pos radar semarang)
KECIL TAPI GARANG : Motor trail mini cocok bagi anak yang akan dilatih offroad adventure. (Nurchamim/jawa pos radar semarang)

Kecanduan anak terhadap gadget dapat diminalisir. Salah satu caranya dengan mengajak si buah hati berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Selain itu, mengenalkan anak dengan dunia olahraga pun perlu. Tujuannya agar bersosialiasi dan menggali bakat serta belajar mandiri.

Salah satu kegiatan yang dapat dijadikan alternatif adalah naik sepeda motor. Tentu motor mini yang cocok untuk anak-anak. Sesuai namanya, motor trail ini berukuran mini dengan kapasitas mesin yang kecil, mulai 50 cc dan masuk dalam kategori motor mainan. “Jenis motornya mirip motor asli, hanya dimensinya lebih kecil dan masuk dalam kategori mainan. Jadi aman buat anak-anak karena sudah ada safety-nya,” kata Jack Ryan, Owner Mini Pocket Motor yang terletak di Jalan Anjasmoro Raya, Semarang.

Pria yang akrab disapa Jack ini menjelaskan motor mini tersebut bisa dijadikan sarana melatih anak-anak agar tidak kecanduan gadget. Selain itu, menurut dirinya bisa dijadikan sarana menggali potensi anak dalam hal olaharaga balap. Terkait bentuk motor, ada empat jenis yakni trail, sport, ATV dan chopper. “Penggunaannya tidak boleh di jalan, khusus di perkampungan atau lapangan. Untuk digunakan di sirkuit pun bisa agar anak bisa berlatih offroad adventure dengan trail atau motor sport sehingga bisa menjadi pembalap profesional,” tuturnya.

Salah satu motor mini yang cukup unik adalah seri mini chopper ala Harley Davidson. Seri ini bisa dibilang cukup langka karena hanya ada beberapa unit saja di Semarang. Motor tersebut lengkap dengan lampu, klakson, spion, dan rem dengan kapasitas mesin 50 cc. “Untuk transmisinya matik 4 tak single silinder bikinan Taiwan,” jelasnya.

KLASIK : Motor mini model chopper ala Harley Davidson. (Nurchamim/jawa pos radar semarang)
KLASIK : Motor mini model chopper ala Harley Davidson. (Nurchamim/jawa pos radar semarang)

Spesifikasi motor ini cocok bagi orang tua yang mau mengenalkan safety riding bagi buah hati. Karena langka, ia pun mengaku jika¬† mini Harley Davidson tersebut menjadi buruan banyak orang untuk di koleksi, lengkap dengan asesoris travel bag bagian samping kanan dan kiri. “Banyak yang malah hanya dipajang untuk dikoleksi, apalagi serinya yang cukup langka,” tuturnya.

Jack mengklaim motor mini yang ia jual aman digunakan bagi anak-anak. Terlebih dengan transmisi matik yang cukup mudah dioeprasinalkan. Dari segi pengereman, motor tersebut sudah menggunakan disc brake depan belakang. “Yang terpenting adalah pemakaiannya diawasi oleh orang tua dan tidak dipergunakan di jalan raya,” ucapnya.

Lain lagi dengan motor mini jenis trail yang saat ini banyak diburu masyarakat. Motor mini tersebut diciptakan khusus anak-anak yang ingin belajar trabas. Dari segi bentuk, mesin dan kelengkapan berkendara, motor ini pun sangat mirip dengan motor trail. Bedanya adalah ukurannya yang kecil dan hanya menggunakan transmisi matik. “Transmisinya matik juga, agar lebih mudah untuk anak-anak belajar trabas ataupun adventure offroad, kalau jenis ini biasanya digunakan untuk melatih adrenalin dan talenta anak di dunia balap,” tambahnya.

Spesifikasi jenis trail ini sendiri menggunakan mesin dengan kapasitas 75 cc empat langkah single silinder. Bagian peredam kejut menggunakan monoshock dan swing arm. Pengereman menggunakan cakram dan dilengkapi dengan protector di bagian setang.

Terkait segi perawatan, lanjut Jack sangat mirip dengan motor pada umumnya yakni penggantian oli mesin dan cek secara berkala. Motor ini sendiri menggunakan bahan bakar jenis bensin. Motor mini jenis trail ini dibanderol dengan harga Rp 7 jutaan. Sementara jenis Harley Davidson dibanderol dengan harga mulai Rp 10 jutaan. (den/ric)