Hanya 2 Sekolah Yang Laksanakan UNBK

1243
SERIUS : Sebanyak 10.647 siswa SMP dan MTs di Kabupaten Batang akan mengikuti ujian pada 2 Mei 2017 mendatang. Tampak siswa melaksanakan ujian sekolah beberapa waktu lalu. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
SERIUS : Sebanyak 10.647 siswa SMP dan MTs di Kabupaten Batang akan mengikuti ujian pada 2 Mei 2017 mendatang. Tampak siswa melaksanakan ujian sekolah beberapa waktu lalu. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

BATANG-Karena keterbatasan sarana dan prasarana, hanya dua sekolah di Kabupaten Batang yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Selebihnya menggunakan metode Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNBKP).

“Karena keterbatasan sarana dan prasarana, hanya dua sekolah yang UNBK, yaitu SMP Negeri 3 Batang dan MTS Darusalam Kecamatan Subah,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Batang, Rahmat Nurul Fadilah, Jumat (28/4) kemarin.

Menurutnya, Dinas P dan K Kabupaten Batang, di tahun 2018 berusaha menganggarkan pengadaan komputer, sehingga minimal di setiap kecamatan akan ada satu sekolah yang melaksanakan UNBK.

Untuk persiapan UNBK, pihaknya sudah melakukan pengecekan semua prasarananya, mulai dari komputer dan server yang akan digunakan. Selain itu, melakukan koordinasi dengan pihak penyedia jasa, yaitu PLN dan Telkom.

“Walaupun baru dua, kami akan maksimal. Salah satunya koordionasi dengan PLN dan Telkom guna mengantisipasi listrik mati dan jaringan internet putus,” ujarnya.

Namun untuk mengantisipasi hal-hal di luar teknis, Dinas P dan K sudah menyiapkan cadangan berupa genset dan teknisi untuk servernya. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, bisa langsung segera ditangani.

Dinas Pendidikan berharap, prestasi ujian tahun ini di tingkat SMP dan MTs bisa mencapai prestasi maksimal. Mengingat tahun 2017, peringkat Batang berada di posisi 29 di Jawa Tengah. Untuk itu, semua harus memiliki peran dan tangung jawab untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Batang, baik lembaga pendidikan maupun siswa dan orang tua. “Semoga ujian nasional ini berjalan lancar, sukses prestasi dan hasil serta berintegritas,” jelas Rahmat Nurul Fadillah.

Sementara itu, Kepala Seksi Bidang SMP Edang Pujiarti menjelaskan bahwa Ujian Nasional (Unas) akan berlangsung selama 4 hari, mulai Selasa (2-8/5) mendatang. Untuk mata pelajaran yang diujikan ada 6 yaitu Bahasa Indonesia, PKN, Matematika, IPS, Bahasa Inggris dan IPA. Total SMP dan MTs yang ikut Unas ada 108, terdiri atas 60 SMP dan 30 MTs.

“Untuk soal Unas, akan diambil hari ini, Jumat (28/4) di Semarang. Tim dikawal oleh petugas dari Polres Batang. Selanjutnya akan distribusikan ke empat titik yaitu SMP N 1 Bandar, SMP N1 Bawang, SMP N 7 Batang dan SMP N 2 Limpung,” jelasnya.

Terpisah, Kepala SMPN 4 Batang, Gurawan, mengatakan bahwa siswanya sudah siap menghadapi Unas sejak lama. Persiapan sudah dilakukan sejak masih kelas 8 (2 SMP). “Siswa kami sudah dipersiapkan sejak dini. Bahkan sejak naik kelas 8, sudah kami rancang persiapan untuk menghadapi Unas,” ucapnya.

Pola yang dilakukan, dengan memilah siswa sesuai tingkat kemampuan belajar. Dengan mengelompokkan, guru akan lebih mudah saat memberikan materi pembelajaran kepada siswa. Sehingga belajar bisa maksimal dan sesuai target.

“Dengan pola ini, ternyata cukup efektif bagi siswa kami. Terbukti, siswa kami masuk 10 peringkat nilainya di Kabupaten Batang,” pungkasnya. (han/ida)