SIMULASI : Sekda Pemkab Demak dr Singgih Setyono MMR memimpin simulasi siaga bencana, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIMULASI : Sekda Pemkab Demak dr Singgih Setyono MMR memimpin simulasi siaga bencana, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK-Pemkab Demak selalu siaga dalam mewaspadai 4 macam bencana yang kerap melanda wilayah Demak. Yaitu, banjir, orang tenggelam, kebakaran dan puting beliung. Hal ini disampaikan Sekda Pemkab Demak dr Singgih Setyono MMR yang juga Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sela memimpin peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ke-10 yang berlangsung di halaman Setda, kemarin.

Dr Singgih menyampaikan, bahwa setahun terakhir tercatat 97 kejadian kebakaran. Karena itu, untuk mengatasi dan mengantisipasi sejumlah bencana tersebut, Pemkab Demak telah meningkatkan kualitas tenaga dan peralatan yang dimiliki BPBD. Selain peralatan umum yang ada, Pemkab juga melengkapi kapal penyelamat rescue, termasuk untuk mencari orang tenggelam di sungai maupun di laut. Dapur umum juga lengkap. “Jadi dalam kondisi ada bencana, kita siap walaupun bencana seperti itu tidak kita inginkan,” katanya.

Dia menambahkan, untuk menuju negara atau daerah yang maju, salah satu indikatornya adalah mampu menangani bencana dan korban jiwa minim. Kepala Pelaksana BPBD, Agus Nugroho LP menambahkan, dalam acara kesiapsiagaan bencana tersebut pihaknya telah menyebarkan sebanyak 1.254 surat ke berbagai elemen masyarakat, khususnya sekolah-sekolah dan perkantoran. “Pelatihan rescue atau penyelamatan korban bencana secara serentak ini untuk membangun kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, utamanya bencana banjir yang kerap terjadi di wilayah Demak,” katanya. (hib/ida)