Kenang Kartini dengan Berkreasi Nyata

823
BAGUS: Ketua TP PKK Kabupaten Fairuz Eko Purnomo mengapresiasi kreasi kertas buatan kader TP PKK Kelurahan Kalikajar. (Ahmad zainudin/Jawa pos radar kedu)
BAGUS: Ketua TP PKK Kabupaten Fairuz Eko Purnomo mengapresiasi kreasi kertas buatan kader TP PKK Kelurahan Kalikajar. (Ahmad zainudin/Jawa pos radar kedu)

WONOSOBO – Tim Penggerak PKK Kelurahan Kalikajar memiliki cara tersendiri untuk memeriahkan peringatan Hari Kartini. Tak sekadar mengenang dengan kegiatan seremonial, para kader memilih untuk berinovasi dan berkreasi nyata. Seperti menggelar lomba kreasi pakaian berbahan kertas bekas, lomba paduan suara, sampai membuka koperasi untuk mewadahi beragam produk hasil kreasi kaum ibu di kelurahan setempat.

Lurah Kalikajar Wilis Puji Astuti menjelaskan, kreasi kertas karya ibu-ibu setempat bukan semata untuk keperluan lomba. Produk kreasi kertas ini memang digarap serius dan telah berhasil dipasarkan. Bentuk kreasi yang dijual, mulai dari tas jinjing, tempat tisu, hingga hiasan dan pernak-pernik rumah

“Pemasarannya melaui online shop karena jangkauanya yang luas,” terang Wilis di sela meninjau produk koperasi PKK dan Karang Taruna Kelurahan Kalikajar, Rabu (26/4).

Ketua TP PKK Kabupaten Wonosobo Fairuz Eko Purnomo menambahkan, jiwa dan semangat Kartini yang membebaskan kaum perempuan menjadi pembelajaran bagi perempuan saat ini. “Melalui ajang penuh kreasi dan inovasi seperti inilah kita sebagai perempuan akan mampu mendalami bagaimana perjuangan RA Kartini di masa-masa sulit dulu,” katanya. (cr2/ton)