KEBANGGAAN: Jajaran civitas akademika Untag Semarang berfoto bersama calon wisudawan berprestasi. (Ricky Fitriyanto/Jawa Pos Radar Semarang)
KEBANGGAAN: Jajaran civitas akademika Untag Semarang berfoto bersama calon wisudawan berprestasi. (Ricky Fitriyanto/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Sebanyak 558 calon wisudawan dari Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang, Rabu (26/4) mengikuti Pelepasan Calon Wisudawan. Kegiatan yang berlangsung di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) ini diikuti lulusan program S1, S2 serta Magister Kenotariatan.

Dekan Fakultas Hukum Untag DR. Edy Lisdiyono, SH, MHum mengatakan menegakkan hukum yang berkeadilan merupakan cita-cita setiap negara. Karena itu sebagai lulusan Untag yang bercirikan nasional dan berwawasan kebangsaan, harus mempunyai kepedulian untuk mengawal agar bekerjanya hukum tetap bermutiara pada nilai keadilan.

”Jangan sampai terjadi apa yang dikatakan oleh Plato bahwa keadilan di luar kemampuan manusia biasa, keadilan hanya dikuasai oleh orang-orang yang berkuasa. Apabila itu terjadi maka keadilan akan menjadi rusak,” ungkapnya.

Untuk itu dia berharap calon wisudawan dapat membangkitkan moral bangsa ini dengan penuh keteguhan dan kesungguhan hati agar bangsa ini tidak terkoyak keadilannya. ”Untuk itu peran calon wisudawan dalam membangkitkan moral tersebut. Dan setelah menjadi sarjana tentunya ini merupakan suatu tantangan yang harus dilakukan,” katanya.

Selain itu Fakultas Hukum Untag telah menapakkan kakinya selama 54 tahun dan program studinya yang kini terdiri atas Program Sarjana Ilmu Hukum, Program Magister Program Studi Ilmu Hukum, Program Studi Ilmu Hukum dengan konsentrasi Hukum Ekonomi dan Hukum Kesehatan menjadi salah satu bagian yang memberikan kontribusi dalam menegakkan hukum yang berkeadilan. ”Banyak alumni Untag yang tersebar di seluruh Indonesia dan telah berkiprah baik sebagai PNS maupun swasta dalam penegakan hukum,” imbuhnya.

Sementara itu nama-nama wisudawan terbaik Fakultas Hukum Untag untuk program sarjana di antaranya Veronica Lianne Macpal dengan IPK 3,94, Hanifah Sartika Putri dengan IPK 3,92 dan Ira Noviana Sari dengan IPK 3,9.

Sedangkan untuk Program Magister Ilmu Hukum adalah Hazlinda Razalia dengan IPK 3,72 dan untuk Magister Kenotariatan bernama Ragil Sukesi dengan IPK 3,87. Dan untuk Alumni Berprestasi, Fachruddin Siregar sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Sriyono sebagai Kepala Kantor Pertanahan Kota Semarang dan Fajar Purwoto sebagai Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang. (hid/sct/ric/ce1)