SEMARANG – Maskapai Sriwijaya Air membuka rute baru Makassar-Semarang PP pada 28 April 2017 mendatang. Rute baru itu mengincar pasar kunjungan wisata, bisnis dan para pelajar dari Indonesia timur yang kini belajar di beberapa perguruan tinggi di Semarang dan sekitarnya. Rute ini merupakan penerbangan langsung dan akan dilayani satu kali setiap hari.

Sriwijaya menargetkan, setidaknya ada sekitar 40 persen kontribusi penumpang dari kalangan pelajar yang menggunakan jasa rute baru ini. Sementara posisi kedua yang hampir sama adalah segmen bisnis.

”Kami sudah melakukan survei di beberapa perguruan tinggi yang banyak terdapat mahasiswa dari Indonesia Timur, seperti UKSW Salatiga, Untag, Unika dan lainnya. Hasilnya mereka antusias dengan pembukaan rute langsung ini,” kata Senior Corporate Communication Manager Sriwijaya Air, Agus Soedjono, Rabu (26/4).

Dia menambahkan, saat ini para pelajar yang terbang untuk kuliah belum bisa langsung mendarat ke Semarang. Mereka harus mendarat melalui Surabaya, Jakarta atau Jogjakarta untuk menuju Semarang.

Ia membeberkan jadwal penerbangan rute baru ini yaitu dari Makassar berangkat pukul 18.10 WITA, tiba di Semarang pukul 18.55 WIB. Sedangkan rute sebaliknya, dari Semarang berangkat pukul 19.30 WIB, tiba di Makassar pukul 22.15 WITA. Armada untuk rute Makassar-Semarang PP yakni menggunakan pesawat Boeing 737 800NG dengan kapasitas 188 kursi.

”Arus perjalanan antara dua kota tersebut cukup tinggi, di satu sisi, berkembangnya Semarang sebagai destinasi wisata dan perannya sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia banyak mengundang perhatian oleh akademisi maupun wisatawan,” jelasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, diresmikannya rute baru Makassar-Semarang PP milik Sriwijaya Air ini diharapkan dapat menjadi kontribusi nyata dalam mendukung perkembangan ekonomi nasional dan industri pariwisata. Serta menjadi tonggak bagi arus orang dan barang di Indonesia.

”Penerbangan dari Semarang ke Makassar memiliki jaringan penerbangan lanjutan ke berbagai destinasi Sriwijaya Air yang ada di Papua maupun wilayah timur lainnya. Jadi, jarak Semarang ke ujung timur Indonesia menjadi lebih dekat,” tegasnya.

District Manager Sriwijaya Air Semarang, Budi Sasongko menambahkan, penerbangan rute baru Makassar – Semarang ini dimulai dari harga 628 ribu. Selain itu, Sriwijaya Air juga telah mempersiapkan penambahan frekuensi untuk menyambut Lebaran dengan perkiraan kenaikan yang bisa mencapai 10 persen dari hari biasa. (tsa/ric/ce1)