SALATIGA –Mahkamah Konstitusi (MK) Rabu (26/4) dijadwalkan akan menggelar sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHP) pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Salatiga 2017 dengan agenda putusan. Anggota KPU Kota Salatiga Syaemuri menyatakan, KPU siap melaksanakan semua kewajiban terkait putusan MK.

”Jika MK menolak gugatan, maka akan segera dilakukan penetapan wali kota dan wakil wali kota Salatiga terpilih secepatnya. Namun apabila gugatan diterima, kami siap melaksanakan apapun keputusan MK,” terang Syaemuri, Selasa (25/4).

Syaemuri menandaskan, selama persidangan, pihaknya telah memberikan keterangan dan alat bukti atas gugatan pihak pemohon, yakni paslon Agus Rudianto – Dance Ishak Palit (Rudi – Dance). Menurutnya, KPU selaku penyelenggara Pilkada Salatiga 2017 sudah melaksanakan Pilkada sesuai dengan regulasi

Sementara itu, kubu paslon Yuliyanto – Muh Haris (Yaris) berharap hakim MK bisa memutuskan PHP Pilkada Salatiga sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Salatiga Latif Nahari mengatakan, MK adalah lembaga yang kredibel dan profesional sehingga akan memutuskan PHP Pilkada Salatiga dengan seadil – adilnya.

“Kami yakin MK akan memberikan keputusan yang adil dan sesuai dengan kenyataan di lapangan. KPU Pilkada telah menyelenggarakan Pilkada sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang berlaku dan sesuai fakta yang ada,” jelas Latif.

Ketua DPC PDIP Kota Salatiga Teddy Sulistio berharap, dalam sidang putusan PHP Pilkada Salatiga hari ini, MK bisa mengabulkan permohonan yang diajukan tim pemenangan paslon Rudi – Dance. “Saya berharap ada keajaiban dalam sidang putusan PHP Pilkada Salatiga besok (hari ini, red),” ucapnya.

Sementara itu, calon Wakil Wali Kota Salatiga Dance Ishak Palit mengungkapkan, apapun keputusan MK dalam sidang putusan PHP Pilkada hari ini, pihaknya akan menerimanya. “Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak dan warga Salatiga yang telah memberikan suara kepada pasangan Rudi Dance dalam Pilkada Salatiga,” ujarnya.

Di sisi lain, sejumlah warga Salatiga berharap kepada semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Pilkada Salatiga dan kedua paslon untuk bisa menerima keputusan MK. Mereka juga meminta KPU selaku termohon dalam PHP Pilkada Salatiga untuk segera melaksanakan putusan MK sesuai dengan regulasi yang ada. (sas/ton)