Polda Siapkan Penanganan Arus Mudik

522

SEMARANG – Mudik Lebaran masih 2 bulan lagi, namun Polda Jateng sudah mulai melakukan persiapan. Kemarin, jajaran Polda Jateng mulai memelototi hasil evaluasi arus mudik dan balik Lebaran tahun lalu. Harapannya, semua pemangku kepentingan untuk segera mempersiapkan sarana prasarana dan infrastruktur dengan belajar pada pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran tahun lalu.

”Kita belajar dari tahun sebelumnya. Tentunya kita menyiapkan secara komprehensif dengan para pemangku kepentingan. Sarana prasarana kita siapkan dulu. Jalur tol yang tadinya hanya sampai Brebes Timur (Brexit) kita harapkan sampai Ngaliyan. Sedangkan di jalur tengah, tol sampai Sragen,” ungkap Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng Kombes Pol Bakharuddin kepada Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.

Menurut Bakharuddin, persiapan awal yang dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas pada arus mudik Lebaran Juni mendatang. Termasuk arus lalu lintas di dalam Kota Semarang yang merupakan Jalan Pantura juga menjadi perhatian lantaran merupakan akses jalur penghubung semua wilayah.

”Kita berharap jalan tol, jalur selatan, jalur tengah dan jalur pantura siap semua. Dengan begitu, nantinya petugas kami dan petugas Dishub serta yang lainnya akan mempunyai kemantapan dalam memberikan informasi jalur mudik kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya sudah mengadakan beberapa pengarahan maupun TFG (technical for game) dalam melakukan simulasi terjadinya arus mudik. Simulasi ini dilakukan dengan semua stakeholder lengkap, mulai petugas Satlantas, Kapolsek, Dishub, termasuk Dinas Pekerjaan Umum, serta ormas-ormas yang diharapkan peduli dengan arus mudik dan balik Lebaran.

”Kita selalu mengecek progres setiap hari kepada para kasatlantas dan jajaran kepolisian yang lain. Sebab, jika ada krodit atau kemacetan, maka polisi akan menjadi ranjang sampahnya. Semua beban pada polisi, meski kita sudah bersemangat karena semua ini adalah pahala,” ujarnya.

Bakharuddin berharap kepada masyarakat yang akan mudik harus mempersiapkan diri dengan matang, baik siap kesehatan dan kendaraan. Selain itu, persiapan perlengkapan kendaraan juga harus diperhatikan, termasuk patuh dan tertib dalam berlalu lintas selama perjalanan. ”Itu yang penting. Termasuk siap untuk meng-update informasi kemacetan arus lalu lintas,” katanya. (mha/aro/ce1)