Kreativitas SMA N 3 Kenang Perjuangan RA Kartini

626
KARTINI MASA KINI: Salah seorang siswa menunjukkan hasil karya yang dibuat berupa lukisan 3D RA Kartini. (ADENNYAR WYCAKSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)
KARTINI MASA KINI: Salah seorang siswa menunjukkan hasil karya yang dibuat berupa lukisan 3D RA Kartini. (ADENNYAR WYCAKSONO/ JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Perjuangan RA Kartini patut menjadi tauladan dan diteruskan. Salah satunya dengan menyalurkan kegiatan positif. Seperti yang dilakukan siswi-siswi SMA N 3 Semarang, sebagai Kartini masa kini.

Berbagai macam lomba digelar untuk mengenang jasa RA Kartini. Seperti lomba poster 3D wajah RA Kartini, lomba tembang dan geguritan, serta pemilihan Kartini Ganesha.

Ada berbagai cara untuk mengilhami perjuangan RA Kartini demi menyetarakan kedudukan wanita dengan pria. Salah satunya dengan menggelar berbagai lomba seperti yang dilakukan siswa SMA N 3 Semarang, Jumat (21/4) siang.

Alifa Puspandini, panitia acara mengatakan, pemilihan Kartini Ganesha sendiri menyasar siswi kelas X dan XI yang sebelumnya harus melampaui 3 tahapan yakni, tes tertulis mengenai pengetahuan umun, wawancara, dan pertunjukan bakat. ”Kartini Ganesha yang terpilih minimal harus bisa berbicara tiga bahasa asing, selain itu juga diuji keterampilan modeling-nya,” ujarnya.

Sementara untuk lomba tembang Jawa dan Geguritan sendiri memiliki tujuan untuk mengingatkan generasi muda agar menjaga budaya Indonesia terutama budaya daerah sendiri sebelum negara lain mengambil budaya Indonesia. ”Kegiatan ini sekaligus memupuk nasionalisme,” bebernya.

Kepala SMA N 3 Semarang, Wiharto menambahkan kegiatan tersebut segaja dibuat dengan misi agar para siswa dapat lebih memahami dan memaknai arti perjuangan dan dapat memilik karakter RA Kartini  yang berani dan tidak pantang menyerah. ”Kami juga ingin menumbuhkan sikap nasionalisme dan patriotisme, serta menciptakan generasi yang mencintai budaya dan warisan leluhur,” tuturnya. (den/zal/ce1)

Silakan beri komentar.