PERCAYA DIRI: Salah satu peserta Festival Gemuk Menarik saat berlenggak-lenggok di atas catwalk. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PERCAYA DIRI: Salah satu peserta Festival Gemuk Menarik saat berlenggak-lenggok di atas catwalk. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Kelebihan berat badan kerap menjadi momok bagi setiap kaum hawa. Tak sedikit yang menjadi kurang percaya diri saat tampil di depan umum. Tapi, beda dengan para perempuan pemilik badan gemuk ini. Mereka justru enjoy berlenggak-lenggok di atas catwalk layaknya model profesional. Tak canggung mereka juga bermanuver sesuai gaya masing-masing dengan penuh percaya diri.

Ya, para perempuan gendut itu adalah peserta Festival Gemuk Menarik yang diadakan oleh Rotary Club Semarang Kunthi dalam rangka menyambut Hari Kartini di Patra Jasa Hotel Semarang, Sabtu (22/4) malam lalu. Meski kerap diwarnai gelak tawa dan tepuk tangan, para peserta festival tampak percaya diri menunjukkan jika badan gemuk tetap menarik di depan dewan juri.

Salah satu peserta asal Semarang, Eliz Lydia, mengaku sudah dua kali mengikuti ajang serupa. Menurutnya, kaum wanita yang bertubuh gemuk tidak perlu malu dan minder dengan bentuk tubuhnya.

”Saya sudah terbiasa dengan badan yang gemuk. Banyaknya ejekan justru membuat saya terpacu untuk membuktikan ke mereka kalau gemuk gini juga bisa tampil seksi,” katanya sambil tertawa.

Dalam festival kemarin, Eliz Lydia beruntung menjadi juara pertama karena dinilai atraktif dan cantik.

Ketua Pelaksana Festival Gemuk Menarik, Tining, mengatakan, Rotary Club Semarang Kunthi setiap tahunnya mengadakan fund raising, yakni menghimpun dana dari kegiatan sosial yang digunakan untuk operasi katarak, bibir sumbing, dan lainnya, salah satunya lewat acara Festival Gemuk Menarik.

Dikatakan, Festival Gemuk Menarik ini telah terselenggara 5 kali setiap jangka waktu 2 tahun. Kegiatan ini untuk memfasilitasi para kaum perempuan berbadan gemuk dengan tujuan untuk menambah kepercayaan diri. ”Kami ingin menambah rasa percaya diri bagi teman-teman yang gemuk. Mereka juga bisa berprestasi sambil mempertahankan kesehatan dan penampilannya,” ujarnya.

Secara umum penilaian di samping harus memiliki bobot badan minimal 80 kg, peserta juga harus tampil percaya diri, atraktif, serta memiliki kepribadian yang menarik.

”Jangan salah lho, wanita gemuk juga memilki kepribadian sosial yang tinggi. Ia akan sangat care dengan teman-temannya dan lingkungan, karena ia sendiri sudah terbukti peduli dirinya sendiri,” bebernya. (tsa/aro/ce1)