PEDULI LINGKUNGAN: Sejumlah relawan membawa bibit pohon yang akan ditanam di sepanjang sepadan sungai di kawasan Gunung Merapi.
PEDULI LINGKUNGAN: Sejumlah relawan membawa bibit pohon yang akan ditanam di sepanjang sepadan sungai di kawasan Gunung Merapi.

MUNGKID – Ribuan relawan dari berbagai komunitas dan universitas melakukan kegiatan penanaman pohon di daerah sepadan sungai di kawasan Jurang Jero Taman Nasional Gunung Merapi, Minggu (24/4). Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Bumi ini diharapkan bisa mengembalikan ekosistem sungai.

Kegiatan yang digagas Forum Merapi Merbabu Hijau ini juga diikuti mahasiswa Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada, mahasiswa dan dosen Yayasan Pendidikan Tirta Dharma Magelang, Pramuka Kota Magelang dan Komunitas Kremun Merapi. Selain menanam pohon mereka juga melepas sejumlah burung dan menebarkan benih ikan.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Magelang Sariyan Adi Yanto dan beberapa tokoh penggiat lingkungan. “Mari kita memaknai hari bumi ini untuk lebih menghormati dan menghargai bumi di mana kita hidup,” kata Sariyan.

Dia berharap, gerakan penghijauan ini terus diupayakan. Karena di masa yang akan datang, ketersediaan air baku akan semakin sulit didapatkan seiring dengan perkembangan permukiman dan kawasan kota. “Yang dilakukan oleh teman-teman penggiat lingkungan ini harus terus didorong untuk menyiapkan masa depan,” terang dia.

Koordinator Forum Merapi Merbabu Hijau Jatmiko sebelum aksi penanaman memberikan arahan teknis cara dan jenis tanaman yang akan dibawa di kawasan TNGM agar tepat dan tidak sia-sia. “Semoga kegiatan ini selalu berkesinambungan dan bertahan tidak hanya pada momen tertentu seperti Hari Air ataupun Hari Bumi ini,” katanya.

Dia mengatakan, momen Hari Bumi tahun ini fokus mengembalikan ekosistem kawasan sungai Merapi. Dia ingin di sektiar sungai tumbuh pepohonan besar seperti dahulu kala. “Seperti zaman dahulu, orang ingin mencari apapun itu di sungai terpenuhi semua oleh alam,” katanya.

Koordinator rombongan dari Yayasan Tirta Dharma Awaluddin Setya Aji mengatakan, pihaknya melibatkan ratusan mahasiswa dan pengurus yayasan untuk ikut andil dalam kegiatan terssebut. “Aksi ini harus menjadi aksi yang berkelanjutan terpadu,semua elemen harus mendukungnya,” jelasnya. (vie/ton)