Duta Polda Jateng, Bangga Jadi Polisi

2852
Bripda Yosi Rakasiwi. (M HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Bripda Yosi Rakasiwi. (M HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

BRIPDA Yosi Rakasiwi, yang bertugas di Subdit Bingakkum Ditlantas Polda Jawa Tengah ini, kini terpilih sebagai duta Polda Jateng. Gadis kelahiran Cilacap, 16 Januari 1996 silam ini, sebelumnya mengikuti seleksi dengan 17 peserta dari perwakilan Polisi Wanita (Polwan) Satuan Kerja (Satker) Polda Jateng pada Maret 2017 lalu.

Dari 17 peserta, diambil empat orang finalis. Keempat orang yang terpilih, dites lagi untuk menentukan ranking. Penilaian dalam seleksi, mulai kerapian, kecerdasan dalam memahami masalah, public speaking, sekaligus inner beauty. Selain itu, ada beberapa aspek penilian dari dewan juri, selain persentasi, bakat softskill dan penguasaan bahasa. “Yang menjadi aspek penilaian meliputi nilai kepribadian, teknik komunikasi dan psikotest. Penilaiannya dilakukan secara terbuka. Hasilnya, saya dapat juara dua,” ujar Yosi-sapaan akrabnya.

Selanjutnya, para duta yang terpilih mengemban tugas sebagai public relations (PR). Kata Yosi, tugasnya tidak hanya sebagai seorang polisi, tapi juga menjembatani informasi dari kepolisian kepada masyarakat. “Saya sendiri merasa bangga menjadi anggota polisi. Apalagi sejak SMA, banyak yang mendorong saya ikut daftar sebagai polisi. Teman-teman SMA, menilai saya sangat disiplin,” ujarnya.

Gadis yang tinggal di Jalan Menteri Supeno Kecamatan Semarang Selatan ini mengakui saat masih duduk di bangku SMA, banyak mengikuti kegiatan dan kerap mengukir prestasi. Bahkan, Yosi pernah lolos seleksi dan masuk anggota Paskibraka Kabupaten Cilacap.

“Semasa SMA banyak mengikuti kegiatan, di antaranya PMR (Palang Merah Remaja). Dulu juga pernah juara 1 Duta Wisata Cilacap tahun 2012. Setelah lulus SMA, daftar polisi tahun 2014 dan diterima,” pungkasnya. (mha/ida)