Tingkatkan Kualitas Menuju Perempuan Paripurna

1001
PERINGATI KARTINI: Direktur RSUD Sunan Kalijaga dr Debby Armawati didampingi Kabid Pemasaran Nani Amrin Mkes bersama karyawan karyawati foto bersama disela apel pagi Hari Kartini, kemarin. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)
PERINGATI KARTINI: Direktur RSUD Sunan Kalijaga dr Debby Armawati didampingi Kabid Pemasaran Nani Amrin Mkes bersama karyawan karyawati foto bersama disela apel pagi Hari Kartini, kemarin. (Wahib Pribadi/Jawa Pos Radar Semarang)

DEMAK– Hari Kartini ke-138 diperingati cukup meriah di RSUD Sunan Kalijaga, Demak, kemarin. Para karyawan mengenakan baju beskap lengkap dengan  blankon. Sedangkan, karyawati RSUD tampil cantik dengan mengenakan baju adat khas Kartini.

Mereka bersama-sama melaksanakan apel pagi di halaman rumah sakit milik Pemkab Demak tersebut. Sebagai inspektur upacara Direktur RSUD Sunan Kalijaga, dr Debby Armawati. Dalam kesempatan itu, dr Debby mengatakan, kaum muda harus berjuang dan bersemangat dalam menjalankan tugasnya masing-masing, apapun profesinya termasuk yang bekerja sebagai karyawan dan karyawati di RSUD.

“Kita juga harus bangga sebagai seorang ibu. Tugas kita memang berat. Apalagi sebagai karyawati rumah sakit harus melayani pasien atau masyarakat yang sedang membutuhkan pertolongan medis. Karenanya, kita tidak boleh mengeluh dan cengeng. Sebaliknya, kita bekerja secara cerdas,” katanya.

Menurutnya, sebagai Kartini era modern sekarang ini, selain bekerja cerdas juga dapat menerima kenyataan yang sedang dihadapi. Dengan demikian, apapun kondisinya tetap disyukuri. Apel Hari Kartini ini juga disemarakkan dengan pembacaan puisi oleh sejumlah karyawati RSUD. Melalui puisi ini, mereka menyuarakan untuk berkomitmen sebagai perempuan paripurna. Hal itu selaras dengan tekad RSUD Sunan Kalijaga yang telah berhasil meraih akreditasi sebagai rumah sakit paripurna. “Alhamdulillah, akreditasi paripurna sudah kita capai dan tinggal penilaian sekali lagi pada Desember mendatang,” jelas dr Debby.

Dalam sebuah puisi pula, para karyawan dan karyawati juga bertekad melayani masyarakat dengan senyum sehingga pasien cepat sembuh. Karena itu, Hari Kartini dinilai telah memberikan semangat baru bagi para karyawan dan karyawati RSUD tersebut.

Kabid Pemasaran dan Rekam Medik RSUD, Nani Amrin SKM, MKes menambahkan, Hari Kartini menjadi momentum bagi kaum hawa untuk terus meningkatkan kualitas diri, termasuk bagi karyawati RSUD. Dengan demikian, apa yang dicita-citakan ibu Kartini dimasa perjuangannya dulu benar-benar telah terwujud bagi generassi penerusnya sekarang. “Hari Kartini betul-betul telah memberikan semangat baru bagi kita untuk meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD ini,”katanya. (hib/sct/zal)