Saatnya Suporter Ikut Menghidupi Tim

1563

SUKSES tim tak bisa lepas dari kontribusi positif kelompok suporter mereka baik dalam bentuk dukungan moril maupun material yang bisa diberikan ketika tim kesayangan mereka tampil di kandang maupun tandang. PSIS saat ini juga memiliki salah satu kelompok suporter setia mereka yaitu Semarang Extreme (Snex). Suporter yang berbasis di Tribun Utara Stadion Jatidiri itu menjadi salah satu aspek penting di tim PSIS.

Salah satu ketua kolektif Snex, Dika Khoiron mengakui, selain dukungan moril, saat ini sudah saatnya suporter bisa ikut menghidupi tim dari sisi finansial selama mereka berkompetisi. Dia mencontohkan, kontribusi finansial suporter bisa dalam bentuk membeli tiket pertandingan kandang, pernak-pernik dan sektor-sektor keuangan klub lainnya yang harusnya bisa dimanfaatkan. “Saya melihat perkembangan suporter di Indonesia, atau Jawa Tengah khususnya sudah sangat pesat. Namun saya juga melihat belum ada kelompok suporter yang bisa menghidupi tim. Menurut saya sekarang sudah saatnya suporter bisa berkontribusi, dan saya kira semua juga sudah memulai,” beber Dika.

Pihaknya mengakui memang butuh waktu. Dika mencontohkan di organisasi Snex, setiap saat para pentolan suporter yang identik dengan warna biru hitam itu tak henti-hentinya berusaha mengedukasi anggota mereka. “Kami tak henti-hentinya untuk terus mengedukasi teman-teman di Snex untuk bisa memberi kontribusi positif ke tim. Salah satunya kita terus memberi pemahaman harus lebih banggan menggunakan jersey PSIS daripada menggunakan baju Snex sendiri,” bebernya.

Anggota ketua kolektif lainnya, Doni Kurniawan ditemui di tempat yang sama menambahkan, masalah lain yang saat ini juga terus disosialisasikan oleh pengurus Snex adalah aturan yang tidak boleh mereka langgar selama memberikan dukungan terhadap tim Mahesa Jenar. “Seperti contoh penyalaan flare, saya berpendapat flare memang cukup mengganggu kalau dinyalakan saat pertandingan, idealnya memang setelah pertandingan selesai. Makanya kami terus melakukan edukasi ke teman-teman Snex salah satunya mengenai aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar. Karena nantinya yang rugi juga tim kesayangan kita,” tegas Doni. (bas/smu)