PENGAWASAN : Tim Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Magelang, Kamis (27/4) lalu. (IST)
PENGAWASAN : Tim Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Magelang, Kamis (27/4) lalu. (IST)

MAGELANG – Penilaian kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Daerah atau Inspektorat Daerah Kota Magelang telah mencapai level 2. Kendati demikian, ada catatan di tahun 2016. Berbagai upaya dilakukan agar naik level.

“Targetnya, pada akhir tahun 2017 dapat mencapai level 2 penuh dan tahun 2019 mencapai level 3 sesuai yang diharapkan pemerintah pusat,” kata Inspektur Kota Magelang Djatmo Wahyudi saat menerima kunjungan Tim Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres).

Saat ini, Inspektorat telah bekerjasama dengan aparat penegak hukum (APH). Baik dari kejaksaan, maupun Polres Magelang Kota. Tim Saber Pungli juga telah dibentuk di Kota Magelang. “Dalam perencanaan dan penganggaran pun sekarang sudah melibatkan APIP, juga untuk pengawasan serta evaluasinya sehingga benar-benar sesuai aturan,” akunya.

Ia mengaku menghadapi kendala dalam pelaksanaan kapabilitas APIP. Salah satunya, terkait sumber daya manusia (SDM). Saat ini untuk auditor APIP baru ada 16 orang, padahal idealnya untuk Kota Magelang butuh sekitar 30 auditor.

Asisten Deputi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Setwapres Sri Mulyani mengatakan, pihaknya ingin mendapatkan penjelasan langsung terkait langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Inspektorat Kota Magelang untuk mencapai level 2 APIP. Juga terobosan apa saja yang sudah dilakukan dalam kegiatan pengawasan di Kota Magelang. (put/ton)