Duta Wisata – GenPI Kembangkan Potensi Bejalen

262
POTENSI WISATA: Anggota Ikatan Mbak Mas Jateng (IMMJ) Bakorwil I dan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jateng saat mencoba atraksi balap perahu di Desa Wisata Bejalen. (Istimewa)
POTENSI WISATA: Anggota Ikatan Mbak Mas Jateng (IMMJ) Bakorwil I dan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jateng saat mencoba atraksi balap perahu di Desa Wisata Bejalen. (Istimewa)

SEMARANG – Ikatan Mbak Mas Jateng (IMMJ) Bakorwil I dan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jateng berupaya mengembangkan potensi Desa Wisata Bejalen, Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Ketua IMMJ Bakorwil I Roy Yuzaen Pradana mengatakan pihaknya dan sejumlah anggota GenPI Jateng tinggal selama tiga hari (20-22/4) di Desa Bejalen untuk melakukan program pemberdayaan potensi desa wisata. Mereka akan berembuk bersama warga dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat.

”Kami para duta wisata eks karesidenan Semarang, Kudus, Grobogan, dan Batang dan GenPI Jateng melakukan studi kasus, pengarahan, dan potensi apa saja yang bisa dikembangkan oleh Bejalen bersama warga,” katanya.

Dikatakan Roy, Desa Wisata Bejalen dalam dua bulan terakhir tengah booming sebagai destinasi wisata di Ambarawa. Objek utamanya, rumah warga di pinggir sungai yang dicat warna-warni dan menjadi spot swafoto. ”Agar maksimal, tak sekadar sebagai objek berswafoto, karena sebenarnya potensi Bejalen sangat besar karena di sana ternyata ada kesenian, kuliner, UMKM, serta spot Rawapening yang terletak pas di sebelahnya,” terangnya.

Program yang didukung Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwista (Dinporapar) Jateng ini, ingin mengangkat sebuah destinasi unggulan yang komprehensif. Yakni menghidupkan kembali kesenian kuda blarak (kuda lumping), pengembangan kuliner olahan ikan gabus dan enceng gondok dari Rawapening, serta pemberdayaan warga mengembangkan hunian homestay.

Ketua GenPI Jateng, Shafigh Pahlevi mendukung sinergitas dengan IMMJ Bakorwil I tersebut. Pihaknya akan melibatkan anggotanya untuk turun serta memberikan masukan terhadap potensi yang bisa dikembangkan. ”Sebagai kepanjangan tangan dari Kemenpar, GenPI Jateng berupaya ikut mempromosikan dan mengembangkan. Kami akan menyusun strategi SWOT, jadi akan ketahuan apa saja kekuatan, kelemahan, unggulan dan peluang dari Bejalen yang bisa dimaksimalkan,” katanya. (ric/ce1)

Tinggalkan Komentar: