Degradasi 40 Tim Bikin Tensi Tinggi

1433

DIREKTUR Teknik PSIS, Setyo Agung Nugroho menyebut persaingan Liga 2 musim ini bakal ketat, sengit sekaligus menarik. Hal itu tidak lepas dari regulasi yang diterapkan oleh operator kompetisi di mana bakal ada 40 tim yang terdegradasi dari Liga 2 musim ini. Sementara hanya ada tiga tim yang berhak mendapatkan tiga tiket untuk tampil di kompetisi kasta tertinggi musim depan.

Untuk penyisihan grup, peringkat 1 dan 2 di masing-masing grup dipastikan lolos ke babak 16 besar dan otomatis bertahan di Liga 2 musim depan. Kemudian peringkat 3 dan 4 masing-masing grup akan melakoni babak playoff dengan sistem home tournamen di mana dari total 16 tim yang melakoni playoff hanya lima tim teratas yang berhak bertahan di Liga 2.

Sedangkan 11 tim hasil playoff menyusul degradasi dengan 29 tim penghuni peringkat 5 hingga 7 atau 8 di akhir babak penyisihan Grup. “Jadi musim depan Liga 2 hanya dihuni oleh 24 tim dengan perincian 13 tim yang lolos babak 16 besar, 5 tim hasil playoff, 3 tim degradasi dari Liga 1 dan 3 tim promosi dari Liga 3 musim ini. pastinya regulasi itu yang bakal membuat Liga 2 musim ini berjalan sangat ketat sekaligus menarik,” beber Agung.

Namun Agung juga menyebut dengan adanya regulasi tersebut kualitas kompetisi musim ini juga akan semakin baik. ”Karena semua tim tentu tidak ingin kecolongan di setiap laga, dan dengan sendirinya kualitas kompetisi dari sisi teknis akan meningkat,” tegasnya. (bas/smu)