SDN Brumbung Perbanyak Gazebo

1258
CINTA BACA : Perpustakaan SD Negeri Brumbung, Mranggen, memanfaatkan pepohonan yang dilengkapi kursi agar anak nyaman membaca. (AHMAD ABDUL WAHAB/JAWA POS RADAR SEMARANG)
CINTA BACA : Perpustakaan SD Negeri Brumbung, Mranggen, memanfaatkan pepohonan yang dilengkapi kursi agar anak nyaman membaca. (AHMAD ABDUL WAHAB/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK – Demi meningkatkan kecintaan anak terhadap buku, perpustakaan SD Negeri Brumbung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak perbanyak gazebo baca. Dengan memanfaatkan pepohonan yang ada di sekitar, kursi-kursi disusun rapi agar anak sekolah tersebut merasa nyaman untuk membaca.

Guru SD Negeri Brumbung, Joko Siswanto, mengatakan bahwa sudut-sudut baca menjadi penting agar buku-buku yang ada di perpustakaan dapat dimanfaatkan. Tak hanya itu, kesan asri juga dapat tersampaikan tak hanya kepada murid, tetapi wali murid juga menjadi sasaran utama kenapa gazebo baca itu didirikan. “Disitu mereka bisa membaca, sharing, dan berinteraksi dengan nyaman. Demikian halnya dengan orang tua,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (20/4) kemarin.

Dikatakan dia, jika SD Negeri Brumbung secara fisik merupakan bangunan yang sudah tua, sehingga pembenahan dan penataan membutuhkan waktu. Namun demikian, inovasi akan terus dilakukan dengan pembuatan gazebo baca dari bambu agar kesan asri dan nyaman semakin bagus. “Sejauh ini, kami memanfaatkan barang-barang yang ada, seperti kursi yang sudah ada sejak awal SD berdiri,” tuturnya

Sementara itu, Kepala SD Negeri Brumbung, Ngudi Utama, mengatakan bahwa hal tersebut sejalan dengan visi dan misi gerakan literasi yang ada di Kabupaten Demak. Sehingga, sudah sepatutnya hal itu direalisasikan dengan membuat tempat-tempat yang menunjang untuk meningkatkan budaya baca. “Kita harus berani mengajak dan mengarahkan anak supaya budaya membaca bisa menjadi keseharian,” ungkapnya. (mg28/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here