Ratusan Napi Khataman Alquran

388
MENGAJI : Ratusan napi mengikuti kegiatan khataman Alquran di Lapas kelas II Kota Magelang dalam kegiatan Nusantara Mengaji, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)
MENGAJI : Ratusan napi mengikuti kegiatan khataman Alquran di Lapas kelas II Kota Magelang dalam kegiatan Nusantara Mengaji, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)

MAGELANG – Ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Kota Magelang mengikuti kegiatan Nusantara Mengaji dengan mengkhatamkan Alquran, Kamis (20/4). Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Bhakti Kemasyarakatan ke-53 ini diharapkan memberikan siraman rohani bagi para narapidana.

Kegiatan yang juga dilaksanakan serentak di seluruh Lapas dan Rutan di Indonesia itu merupakan hasil kerjasama Kementrian Hukum dan HAM bersama dengan koordinator kegiatan Nusantara Mengaji yang diprakarsai KH Muhaimin Iskandar. Hadir dalam kegiatan tersebut, Pengasuh Ponpes API Tegalrejo KH Yusuf Chudlori, Kepala Lapas kelas II Magelang Budi Sarwono, Koordinator Nusantara Mengaji Magelang Abdul Malik dan sejumlah pengurus gerakan Nusantara Mengaji dari Kota dan Kabupaten Magelang.

Kegiatan yang dipusatkan di Masjid At Taqwa itu dimulai dengan salat dhuha bersama. Kemudian siraman rohani oleh KH Yusuf Chudlori dilanjutkan khataman Alquran oleh seluruh narapidana. “Kegiatan ini diikuti oleh 120 narapidana dan 30 anggota Nusantara Mengaji Magelang. Kita berharap semangat membaca dan membumikan Alquran ini juga tertanam pada kawan-kawan yang tinggal di sini,” kata Abdul Malik.

Kepala Lapas Magelang Budi Sarwono mengapresiasi kegiatan Nusantara Mengaji ini. Selain membantu menanamkan gerakan membaca Alquran kegiatan ini juga bagian asimilasi warga binaan. “Asimilasi itu tidak hanya keluar lembaga saja tapi ke dalam juga bisa. Mereka bisa bergaul dengan masyarakat luas seperti saat ini,” paparnya. (vie/ton)

Tinggalkan Komentar: