Dorong Alumnus PT Beri Kontribusi

SIAP BERKONTRIBUSI: Pengurus IKA UNS Semarang berfoto bersama Sekda Jateng Sri Puryono. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIAP BERKONTRIBUSI: Pengurus IKA UNS Semarang berfoto bersama Sekda Jateng Sri Puryono. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Pemprov Jateng mendorong agar Ikatan Alumnus dari Perguruan Tinggi (PT) untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan program dari pemerintah. Di antaranya pengentasan kemiskinan, dan pengembangan infastruktur.

Sekda Jateng Sri Puryono mengatakan pihaknya terbuka dan terus mendorong adanya kontribusi dari Ikatan Alumni (IKA) PT untuk memberikan masukan demi kemajuan dan suksesnya program pemerintah. ”Semakin banyak ikatan alumni yang ada di Jateng akan memberikan kontribusi yang positif bagi pemerintah dan membantu memecahkan masalah yang ada. Selain itu juga memperkuat keutuhan NKRI,” katanya usai pelantikan IKA Universitas Sebelas Maret (UNS) Semarang Raya, di Gedung OJK, kemarin.

Menurut Sri Puryono saat ini Jateng memiliki masalah terkait pengentasan kemiskinan yang sampai September tahun lalu mencapai 13,19 persen. Dengan peran akademisi, dirinya berharap pekerjaan rumah pemerintah yang belum bisa dituntaskan bisa terlaksana dengan baik.

”Akademisi bisa ikut serta dalam membuat program kemiskinan, investasi dan pengembangan infastruktur, kualitas SDM dan lainnya. Di sini peran dari IKA UNS sangat penting, istilahnya kami menantang untuk memberikan kontribusi nyata,” bebernya.

Ketua IKA UNS Semarang Raya, Sudaryanto mengatakan pihaknya kini terus melakukan koordinasi dengan universitas, stakeholder dan pemerintah daerah terkait masalah-masalah yang belum terselesaikan. ”IKA UNS Semarang Raya ini misinya membangun sinergitas antaralumni, almamater demi memberikan kontribusi dan kemajuan bangsa,” jelasnya.

Ia menuturkan pasca dilantik dalam waktu dekat IKA UNS Semarang Raya akan melakukan konsolidasi ke dalam. Tujuannya agar setiap pengurus tahu perannya masing-masing dalam mengemban tugas. Sementara dalam jangka menengah adalah berkoordinasi dengan unversitas lainnya di Jateng demi memberikan kontribusi nyata kepada pemerintah. (den/ric/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here