Demokrat Siap Lamar Tokoh

Maju Pilgub Jateng 2018

389

SEMARANG – Menjelang Pilgub Jateng 2018, sejumlah parpol mulai ancang-ancang. Seperti Partai Demokrat yang berencana mencari tokoh masyarakat untuk diusung ke bursa pilgub mendatang.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jateng, Dani Sriyanto menyatakan tidak akan menutup posisi kader dari eksternal partai. Pihaknya pun berencana melakukan survei terhadap tokoh-tokoh yang sudah muncul di masyarakat. Soal kepastian kapan mulai penjaringan eksternal, Dani belum bisa membocorkannya. ”Nanti akan dilihat dulu peta politiknya seperti apa. Termasuk popularitas dan elektabilitas tokoh tersebut. Kalau memenuhi syarat, ya kami oke saja,” ucapnya ketika dihubungi Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (20/4).

Jika tidak ada yang memenuhi standar Partai Demokrat, lanjut Dani, juga tidak masalah. Sebab, untuk mengikuti Pilgub 2018, Demokrat harus berkoalisi dengan parpol lain. ”Saat ini kami masih intens melakukan komunikasi dengan pimpinan-pimpinan parpol lain. Belum menjurus akan koalisi dengan partai mana karena kepentingan antarparpol ini harus sama,” imbuhnya.

Selain itu, saat ini Demokrat juga menggeber konsolidasi internal partai. Dari tingkat fraksi dan DPC di seluruh Jateng. Konsolidasi tersebut untuk menyerap masukan-masukan mengenai peta politik pilgub mendatang.

Di lain pihak, DPW PPP Jateng, Masruhan Samsurie mengaku, partainya sudah melakukan konsolidasi sejak pilkada serentak mulai 2015 dan 2017 lalu. Terlebih di pilkada 2015 dari 21 daerah, PPP memiliki 11 daerah calon yang diusung memenangi pilkada. Sementara di 2017 dari 7 daerah memenangi 5 daerah. ”Maka ini sangat efektif bagi kami untuk menentukan pilihan,” katanya. Dia mengaku ada sejumlah kader yang punya kompetensi untuk maju di pilgub. ”Tapi masih terlalu pagi untuk menyebut nama,” katanya.

Sementara itu, sejumlah DPC PKB sudah mendeklarasikan dukungan kepada Marwan Jafar untuk maju ke Pilgub Jateng 2018 mendatang. Ketua Lembaga Pertanian Nahdlatul Ulama (LPNU) ini digadang-gadang mampu membawa Jateng lebih baik karena punya track record yang cukup bagus. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Desa, anggota Komisi V DPR RI, hingga menjadi bagian dari Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

Sekretaris DPC PKB Kabupaten Demak, Zayinul Fatah menjelaskan, sepak terjang Marwan Jafar dianggap mumpuni untuk menjadi Gubernur Jateng. Keberpihakannya terhadap desa sudah terbukti ketika Marwan Jafar membangun fondasi Kementerian Desa. Marwan juga punya banyak pengalaman di bidang infrastruktur setelah dua periode duduk di bangku Komisi V DPR RI. ”Pak Marwan Jafar paham betul soal masalah infrastruktur yang sudah menahun tidak kunjung tuntas,” ucapnya. (amh/ric/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here