Sekda: Pelantikan Diharapkan Serentak

Tujuh Kepala Daerah Terpilih

275

SEMARANG Pelantikan tujuh kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2017 serentak di Jateng belum jelas. Pemprov Jateng masih menunggu kepastian dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berharap pelantikan bisa segara dilaksanakan. Toh seluruh tahapan penetapan sudah selesai semua.

”Kalau saya maunya secepatnya. Kalau diizinkan (Mendagri) bulan depan, ya akan dilantik bulan depan. Ngapain nunggu lama-lama,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Rabu (19/4).

Dijelaskan, jika tidak segera dilakukan pelantikan, pihaknya harus menugaskan Pelaksana Tugas (Plt) dan Penjabat (Pj) untuk menggantikan bupati/wali kota, lebih lama lagi. Padahal kewenangan Plt dan Pj terbatas, tidak seluas bupati/wali kota definitif.

Ngapain naruh orang lama-lama, wong kepala daerahnya sudah jadi. Plt sama Pj itu kan pejabat di pemprov,” bebernya.

Gubernur berambut putih ini menambahkan, awalnya pelantikan memang menunggu keputusan MK (Mahkamah Konstitusi) karena ada yang sengketa. Sekarang proses itu sudah klir semua. ”Jika mau menyamakan masa jabatan biar bisa dilantik serentak, berarti harus menunggu-nunggu. Tapi saya kira itu bisa di-exclude (pengecualian, Red) saja,” imbuhnya.

Seperti diketahui, akhir masa jabatan kepala daerah memang berbeda-beda. Kota Salatiga selesai pada 11 Juli 2016, Kabupaten Banjarnegara 18 Oktober 2016, Kabupaten Batang 13 Februari 2017, Kabupaten Jepara 10 Februari 2017, Kabupaten Pati 7 Agustus 2017, Kabupaten Cilacap 19 November 2017, dan Kabupaten Brebes pada 4 Desember 2017 mendatang.

Sekda Jateng, Sri Puryono, mengaku, pekan lalu sudah melayangkan surat persetujuan ke Kemendagri mengenai format dan jadwal pelantikan kepala daerah tersebut. Dia mengaku, hingga sekarang belum ada keputusan dan jawaban. ”Ini masih menunggu. Kalau sudah ada keputusan, maka akan segera dijadwalkan pelantikan tujuh kepada daerah itu,” katanya.

Dikatakan Puryono, ada dua format pelantian tujuh kepala daerah. Yakni, dilantik serentak  atau dilantik sendiri-sendiri sesuai dengan akhir masa jabatan kepala daerah periode sebelumnya.

Meski begitu, pihaknya berharap pelantikan bisa dilakukan secera serentak. ”Pilkadanya kan serentak, pelantikannya juga harus serentak,” tegasnya.

Terkait lokasi pelantikan, Sekda juga punya dua opsi. Jika memungkinkan, pelantikan bisa dilakukan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jateng atau di Lapangan Pancasila Alun-alun Simpang Lima Semarang. (amh/aro/ce1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here