Pegiat Drumblek Diminta Lebih Kreatif

503
SENI: Penampilan kelompok drumblek dalam Musyawarah Akbar I Paguyuban Drumblek Salatiga di GOR Hati Beriman Salatiga. (IST)
SENI: Penampilan kelompok drumblek dalam Musyawarah Akbar I Paguyuban Drumblek Salatiga di GOR Hati Beriman Salatiga. (IST)

SALATIGA – Kepala Dinas Pariwisata Kota Salatiga Sri Danudjo membuka secara resmi Musyawarah Akbar I Paguyuban Drumblek Salatiga, belum lama ini. Musyawarah diselenggarakan di GOR Hati Beriman dibuka dengan ditandai pemukulan sebuah drum dari plastik, yang merupakan salah satu peralatan drumblek.

Sri Danudjo mewakili pemerintah Kota Salatiga menyatakan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya musyawarah I Paguyuban Drumblek Salatiga. “Diadakannya musyawarah akbar drumblek ini, sebagai wadah untuk menampung ide dan pikiran masing-masing grup drumblek serta menggali potensi drumblek ini sebagai salah satu keunggulan budaya lokal Kota Salatiga, kemudian menyusun program kegiatan bersama sekaligus mempererat tali silaturahmi sesama penggiat kesenian drumblek ini,” terang Danudjo di hadapan seluruh peserta.

Danudjo juga berharap agar seluruh pegiat drumblek dapat lebih kreatif dan inovatif dalam segala hal, dalam pertunjukan drumblek. “Sehingga dapat lebih memantapkan diri sebagai ikon Kota Salatiga, sekaligus berperan aktif dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Salatiga.

Salah satu panitia pelaksana Paulus mengatakan, saat ini anggota paguyuban drumblek sekitar 130-an grup drumblek yang berasal dari Salatiga dan sekitarnya. “Meski belum mendapatkan pengakuan secara resmi terkait drumblek sebagai budaya asli Salatiga, namun proses menuju kesana sedang diupayakan, dan mudah-mudahan  tidak lama lagi drumblek akan resmi dinyatakan sebagai budaya asli Salatiga,” terang Paulus. (sas/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here