7.000 Orang Padati Bursa Kerja

NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG
NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG

SEMARANG –  Diperkirakan 7.000 pencari kerja mendatangi 47 stan perusahaan di event Job Fair 2017 yang dihelat di halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, Rabu (19/4).

Bursa lowongan kerja tersebut dibuka selama dua hari mulai Rabu (19/4) dan Kamis (20/4). Membeludaknya pencari kerja ini menunjukkan bahwa masih banyak warga belum memiliki penghasilan tetap.

Agenda Job Fair yang digelar rutin dua kali dalam setahun ini bisa menjadi alternatif untuk membantu masyarakat mendapatkan pekerjaan yang layak. ”Ada 47 stan dari perusahaan berbagai bidang. Kami targetkan seperti sebelumnya, selama dua hari mencapai 7.000 pencari kerja datang berbondong-bondong,” kata salah satu Pelaksana Kegiatan Job Fair 2017 Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, Agus Supriyono.

Dikatakannya, melalui program Job Fair rutin seperti ini memberikan peluang lapangan pekerjaan yang layak kepada warga Semarang. Peluang kerja yang diberikan adalah menyediakan informasi lebih akurat karena event ini dilakukan secara resmi oleh pemerintah.

”Berlangsung dua kali dalam setahun. Seperti Job Fair sebelumnya, warga Kota Semarang yang datang berbondong-bondong mencapai antara 6.000 sampai 7.000 orang pencari pekerjaan. Bahkan pernah juga tercatat mencapai 8.000 orang,” kata Agus.

Job Fair 2017, kata dia, pihaknya memberikan pelayanan para pencari pekerjaan di berbagai bidang dan dari berbagai disiplin ilmu. 47 stan perusahaan siap menampung tenaga kerja sesuai dengan bidang pekerjaan yang dibutuhkan dan sesuai dengan spesifikasi keahlian masing-masing pencari pekerjaan. ”Tidak hanya itu, bila para pencari kerja mengalami kesulitan masalah persyaratan, maka Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang juga siap membantu,” katanya.

Misalnya, bila pencari pekerjaan tidak memiliki kelengkapan kartu kuning sebagai persyaratan untuk melamar pekerjaan, maka Dinas Tenaga Kerja siap memberikan kartu kuning tersebut, pada saat itu juga. ”Prinsipnya kami berusaha memudahkan para pencari pekerjaan agar bisa mendapatkan pekerjaan sesuai harapan,” tambahnya.

Salah satu pencari kerja, Yuli Ekowati, 27, mengaku sangat terbantu dengan adanya bursa kerja yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang. Meski demikian, menurutnya, jumlah lowongan yang ada masih belum sebanding dengan banyaknya jumlah para pencari kerja. ”Sehingga persaingan masih sangat berat, karena jumlah pendaftar ribuan. Sedangkan lowongan yang tersedia hanya berkisar ratusan. Tetapi informasi seperti ini sangat membantu meski persaingan tetap saja berat,” katanya. (amu/ric/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here