Tim PKK Jatirejo Raih Juara I Lomba Masak Ikan

720
SERBA IKAN: Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Tia Hendrar Prihadi meninjau peserta Lomba Memasak Ikan dalam rangka memperingati HUT Kota Semarang ke-470 di hall balai kota, kemarin. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)
SERBA IKAN: Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Tia Hendrar Prihadi meninjau peserta Lomba Memasak Ikan dalam rangka memperingati HUT Kota Semarang ke-470 di hall balai kota, kemarin. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Tim PKK Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunung Pati, berhasil meraih juara I dalam Lomba Masak Ikan Tingkat Kota Semarang Tahun 2017, yang terselenggara di hall Balai Kota Semarang, Selasa (18/4).  Kegiatan diselenggarakan oleh Dinas Perikanan ini dalam rangka memperingati HUT Kota Semarang ke-470.

Lomba diikuti 16 tim penggerak PKK kecamatan se-Kota Semarang. Masing-masing kecamatan diwakili satu tim yang terdiri dari dua orang. Di tangan Ibu-ibu tim penggerak PKK ikan diolah menjadi kreasi yang menggoda lidah menjadi hidangan keluarga seperti pepes, siomay, kari, gule, dan lain-lain.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi mengatakan, lomba ini merupakan ajang untuk memotivasi ibu-ibu hebat dalam memasak, meskipun memiliki karir di luar rumah. ”Ini adalah ajang untuk menyalurkan bakat dan potensi para ibu dalam mengolah ikan menjadi aneka menu dalam kesehariannya serta mempromosikan makan ikan pada masyarakat luas,” urai istri orang nomor satu di Kota Semarang saat membuka lomba tersebut di hadapan peserta yang berasal dari 16 Tim Penggerak PKK kecamatan se-Kota Semarang. Masing-masing kecamatan diwakili 1 tim yang terdiri dari 2 orang.

Tia, sapaan akrabnya menambahkan, melalui lomba ini juga dapat mendukung program yang dicanangkan pemerintah pusat, melalui gerakan gemar makan ikan. Di mana menurut standar nasional diharapkan mencapai angka 43,88 kg/kapita/tahun. Namun Kota Semarang masih mencapai angka 28-30 kg/kapita/tahun. Di samping itu secara tidak langsung dapat membantu mengangkat penghasilan para nelayan. ”Saya berharap selepas mengikuti lomba ini ibu-ibu bisa saling bertukar resep untuk kemudian diterapkan dalam memasak menu ikan untuk keluarga,” harapnya.

Sementara itu juara II diraih oleh PKK Kelurahan Plamongan Sari, Kecamatan Pedurungan dan PKK, sementara Kelurahan Bangunharjo Kecamatan Semarang Tengah meraih posisi juara III. Sementara juara berbakat diraih Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen dan Kelurahan Ngaliyan, Kecamatan Ngaliyan. (amu/zal/ce1)