Proyek Tol Terkendala Cuaca

3023
JALAN TOL : Sejumlah pekerja sedang mengerjakan proyek jalan tol Trans Jawa di Desa Kalimati, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Selasa (18/4) kemarin. (YERRY NOVEL/RADAR SLAWI/JPG)
JALAN TOL : Sejumlah pekerja sedang mengerjakan proyek jalan tol Trans Jawa di Desa Kalimati, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Selasa (18/4) kemarin. (YERRY NOVEL/RADAR SLAWI/JPG)

SLAWI – Proyek jalan tol Trans Jawa seksi III dan IV ruas Brebes-Pemalang yang melintas di Kabupaten Tegal hingga kini masih berlangsung. Saat ini, progres pekerjaan belum mencapai 50 persen. Sebab, proyek raksasa yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya itu terkendala dengan cuaca yang tidak menentu.

“Kendala kami hanya cuaca saja. Sebenarnya, bulan ini sudah masuk musim kemarau, tapi masih sering hujan,” kata Humas PT Waskita Karya, Narendra Aryo Bramastyo, saat ditemui di lokasi proyek jalan tol di Desa Kalimati, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Selasa (18/4) kemarin.

Kendati terkendala cuaca, tapi proyek pemerintah pusat itu tetap dikerjakan setiap hari selama 24 jam. Pekerjaan dibagi menjadi 3 shift yakni pagi, malam, dan dini hari. Khusus pekerjaan malam hingga menjelang pagi, hanya pengecoran dan pengurugan. Hal itu sesuai dengan kesepakatan warga di sekitar lokasi supaya tidak menimbulkan kebisingan. “Kami mengerjakan selama 24 jam. Kami sedang mengejar target. Target kami, H-10 Lebaran jalan tol ini sudah bisa difungsikan,” kata Tyo, sapaan akrab Humas PT Waskita Karya ini.

Tyo mengungkapkan bahwa ruas Brebes-Pemalang sepanjang sekitar 30 kilometer itu, akan difasilitasi kontruksi jalan elevated atau jalan layang yang membentang di sekitar Kecamatan Adiwerna. Dimulai dari Dukuh Pesalakan, Desa Adiwerna, Kecamatan Adiwerna hingga Desa Pekiringan, Kecamatan Talang. Panjangnya sekitar 1,15 kilometer. “Pekerjaan paling sulit hanya elevated. Karena menggunakan fondasi tiang pancang. Itu membutuhkan waktu lama,” kata Tyo.

Koordinator Survei Jalan Tol Seksi III dan IV, Ali Amirudin, menambahkan, ruas jalan di dua seksi yang sudah land konkrit sepanjang 6 kilometer. Dia menargetkan, pada H-10 Lebaran nanti, progres pekerjaan jalan bebas hambatan itu harus sudah masuk 70 persen di seksi III dan 80 persen di seksi IV. “Sejauh ini, masih ada 9 bidang yang belum dibebaskan. Delapan bidang di antaranya di Desa Karangjati, Kecamatan Tarub, dan 1 bidang lagi di Desa Sidakaton, Kecamatan Dukuhturi,” pungkasnya. (yer/jpg/ida)