Nikmati Liburan Singkat di Solo, Enaknya ke Mana Saja?

1998
ssumber gambar: kaskus.co.id

Hanya punya waktu singkat buat liburan, kenapa nggak coba main-main ke kota Solo atau yang juga dikenal dengan nama Surakarta. Kota ini tidak terlalu besar, namun menyimpan banyak hal yang akan memberikan kesan mendalam.

Kalau kamu cuma punya waktu liburan tiga hari dua malam saja, coba kunjungi tempat-tempat ini di Solo.

Pasar Gede

Pasar ini adalah surganya wisata kuliner di Solo, khususnya di pagi hari. Di pasar ini kamu bisa menemukan sego liwet sampai aneka jajanan pasar khas Solo yang menggoda selera.

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta dibuka untuk umum setiap Sabtu sampai Senin, dan tutup di hari Jumat. Senin sampai Kamis buka pukul 09.00 – 14.00 WIB, Sabtu – Minggu buka pukul 09.00 – 15.00 WIB. Untuk masuk ke dalam Keraton, pengunjung dikenakan biaya yang terjangkau. Tapi kalau kamu mau foto-foto bareng para abdi dalem, biasanya ada tarifnya sendiri. Jadi, siapkan uang pecahan di saku ya.

Jangan lupa juga memakai baju yang sopan, karena ada beberapa kawasan Keraton yang tidak memperbolehkan pengunjung memakai celana pendek, topi dan sandal. Lebih baik memakai celana panjang dan sepatu santai kalau tujuannya memang ingin masuk ke Keraton.

Naik Sepur Kluthuk Jaladara

Kalau kamu sedang beruntung, bisa naik sepur kluthuk Jaladara yang merupakan kereta uap kuno. Tapi buat naik kereta ini, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam, sekitar Rp 150.000 per orang. Namun masih ada syaratnya lagi, keretanya baru diberangkatkan kalau sudah ada 60 orang penumpang. Kurang dari itu, pengelola tidak mau memberangkatkan karena biaya pengoperasiannya mahal.

Belakangan, sepur kluthuk Jaladara hanya bisa dioperasikan sesuai dengan pesanan saja. Dengan sewa sekitar Rp 4 juta rupiah, kereta ini mampu mengangkut sekitar 70 orang penumpang. Kalau rombongan berbanyak, sewa saja.

sumber gambar: surakarta.go.id

Naik Bus Tingkat Werkudara

Dengan bus ini, kamu bakal diajak keliling kota Solo mulai dari melihat  Keraton Surakarta, Keraton Mangkunegaran, melihat Museum Raditya Pustaka dari luar dan ke berbagai tujuan lainnya yang menujukkan keindahan Solo.

Jalan-Jalan Malam di Jl Slamet Riyadi

Jalanan ini adalah salah satu ruas jalur utama di Solo, yang setiap malam ramai dengan para pedagang kaki lima yang berjajar rapi. Banyak makanan disediakan, mulai dari yang ringan sampai makanan berat.

Pasar Triwindu

Suka dengan barang lawas, pasar ini adalah surganya. Ada banyak barang yang bisa kamu bawa pulang, tapi jangan lupa buat nawar semua harga. Kalau nggak, kamu pasti nyesel karena kemahalan.

Pasar Klewer

Pusatnya batik-batik murah buat oleh-oleh ada di sini, tapi rulesnya sama dengan Pasar Triwindu, harus pandai menawar. Kalau perlu, cek dulu harga barang yang serupa di internet, biar nggak salah harga juga pas nawar.

Siasati Waktu Terbang

Biar liburan singkatmu di Solo jadi lebih nyaman, pilihlah penerbangan pertama untuk sampai di Solo. Beli saja tiket Batik Air tujuan Solo di traveloka.com/batik-air beberapa pekan sebelum tanggal keberangkatan untuk dapat harga terbaik.

Biar nggak kehabisan, lebih baik langsung pesan tiket Batik Air buat perjalanan pulang. Untuk kepulangan, lebih baik memilih penerbangan terakhir agar liburanmu di Solo bisa puas meski waktunya singkat.

Kalau tiket Batik Air sudah di tangan, jangan lupa juga buat pilih hotel. Carilah yang berada di dekat kawasan tengah kota agar tak terlalu susah buat ke mana-mana. Selama di Solo kamu juga bisa menyewa sepeda motor buat keliling ke berbagai tempat di atas. (web/ap)

Selamat liburan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here