12 Provinsi Bersaing

Wushu Piala Rektor Unnes II

1225
ANDALAN JATENG: Puja Riyaya, atlet wushu sanda Jateng yang merebut medali emas PON 2016 lalu. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)
ANDALAN JATENG: Puja Riyaya, atlet wushu sanda Jateng yang merebut medali emas PON 2016 lalu. (BASKORO S/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Sebanyak 12 provinsi meramaikan Kejuaraan Wushu Nasional Terbuka Piala Rektor Unnes II yang akan berlangsung di Auditorium Unnes, Sekaran, Semarang, mulai Rabu  (19/4) hari ini hingga Sabtu  (22/4).

Ketua Panitia Kejuaraan Heny Setyawati menjelaskan, antusiasme peserta sangat tinggi pada even yang menggelar nomor sanda  (pertarungan bebas) dan taolu  (peragaan jurus) tersebut. Di nomor sanda terdaftar 156 atlet dan 352 di nomor taolu. Mereka berasal dari 40 pengkab/pengkot WI dan sasana yang berasal dari 12 provinsi di Tanah Air.

Menurut Heny, provinsi yang menyertakan atlet-atletnya adalah Sumbar, Sumsel, Babel, Jateng, Jabar, Jatim, DKI Jakarta, DIY, Kaltim, Bali, Sultra dan Papua. ”Bagi kami ini membahagiakan dan membanggakan, karena turut memberikan ruang pembinaan bagi dunia wushu dalam skala nasional,” kata Heny kepada media kemarin.

Ditambahkan dia, pada kejuaraan ini nomor sanda dibagi menjadi tiga kelompok yaitu pra-junior yang terdiri atas sembilan kelas, junior dan senior. Sedangkan nomor taolu untuk jurus-jurus berdasarkan federasi wushu internasional dibagi menjadi empat kategori yaitu Junior A dengan 22 kelas, Junior B, Junior C  dan D.  Sedangkan kategori senior, hanya digelar satu nomor yaitu tradisional. ”Di Piala Rektor Unnes II baik sanda dan taolu, ada pemberian  gelar juara umum I, II dan III,” kata sekum Pengprov WI Jateng tersebut.

Di bagian lain, Ketua Harian Pengprov WI Sudarsono menambahkan, bahwa kejuaraan ini memiliki visi ke depan. Selain sebagai program lanjutan penyelenggaraan sebelumnya, juga sebagai ajang seleksi untuk memilih tim Jateng menghadapi ekshibisi Pekan Olahraga Pelajar Nasional  (Popnas) di Jateng, September mendatang. ”Kejuaraan ini juga bagian dari rintisan program Wushu Goes to Campus yang digagas Pengprov WI,” imbuhnya. (bas/smu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here