SELEKSI : Camat Tersono, Drs Bambang UW didampingi Pelda Ubaidilah dari Koramil 06 Tersono dan Wakapolsek Tersono IPTU Moch Ambari mengawasi penilaian ujian perangkat desa di aula Kecamatan Tersono, Senin (17/4) kemarin. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
SELEKSI : Camat Tersono, Drs Bambang UW didampingi Pelda Ubaidilah dari Koramil 06 Tersono dan Wakapolsek Tersono IPTU Moch Ambari mengawasi penilaian ujian perangkat desa di aula Kecamatan Tersono, Senin (17/4) kemarin. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

BATANG – Untuk mengisi formatur Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan yang kosong, Panitia Penjaringan Perangkat Desa Sumurbanger, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, menggelar ujian untuk mendapatkan salah satu perangkat desa tersebut. Ujian berlangsung secara terbuka di aula Kecamatan Tersono, pada Senin (17/3) kemarin.

Ujian tersebut diikuti oleh dua peserta yang masih tergolong belia dari segi usia. Adalah Lilik Setiawan, 20, dengan ijazah terakhir lulus SMA dan rivalnya Ratih Harsono, 25, sarjana ekonomi jurusan manajemen. Keduanya sama-sama masih lajang.

Camat Tersono, Drs Bambang UW, berharap ujian perangkat kali ini bisa memunculkan sosok yang tepat dan cerdas, sehingga mampu memajukan desanya. Bambang juga menegaskan bahwa ujian perangkat desa ini dijamin bersih.

“Kami menjamin ujian ini bersih. Tidak ada koneksi. Tidak ada kecurangan. Tidak ada titip-titipan. Semua berjalan terbuka, jujur, adil dan fair seperti yang saudara-saudara saksikan,” tegasnya.

Panitia pelaksana, menurutnya, telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Karena diawasi oleh BPD (Badan Perwakilan Desa) maupun tokoh masyarakat setempat. Selain itu, Kasi Perangkat dan Administrasi Desa Kabupaten Batang, Rebo Istadi juga hadir memantau.

Lebih lanjut, dalam penilaian dilaksanakan terbuka usai ujian dan dilihat langsung oleh peserta maupun saksi. Hal tersebut untuk menjaga terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Kedua kandidat juga diminta menandatangani kesepakatan sebelum pelaksanaan ujian, yang isinya menerima dengan lapang dada apapun hasil ujian nanti. Hal yang sama ditegaskan Ketua Panitia Penjaringan Perangkat, Saryanto, yang menjamin ujian ini bersih dan tidak ada intervensi dari manapun.

Kades Sumurbanger Minal Khosirin menambahkan bahwa siapapun yang terpilih, harus bisa bekerjasama dengan kades dan perangkat desa yang lain. Hal tersebut yang utama. “Selanjutnya, kami akan segera melantik calon yang lulus agar kekosongan terisi. Sebisa mungkin di bulan April ini sudah dilantik,” kata Minal Khosirin.

Ujian tertulis yang berisi 60 soal ini akhirnya memunculkan nama Lilik Stiawan sebagai pemenang dengan perolehan nilai 86,6. Setelah dilakukan segala kelengkapan administrasi, yang bersangkutan akan segera dilantik. (han/sct/ida)