Kiprah Purnama Angkat Dunia Mode Magelang

Ingin Punya Acara Setingkat Jogja Fashion Week

1046
MODE TERKINI : Sejumlah busana rancangan desainer Magelang yang ditampilkan di Atrium Artos Mall, Sabtu (15/4). (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)
MODE TERKINI : Sejumlah busana rancangan desainer Magelang yang ditampilkan di Atrium Artos Mall, Sabtu (15/4). (PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU)

Perkumpulan Perancang dan Sanggar Busana Magelang (Purnama) makin giat menunjukkan eksistensinya. Bersama dengan Artos Mall Magelang, Purnama akan membuat pergelaran busana berskala besar pada 13-15 Oktober mendatang.

Sebagai langkah awal, dilakukan peluncuran Fashion Nation bertema Kalawastra, Sabtu (15/4) di Atrium mal. Tema ini diambil dari Bahasa Sansekerta. Kala berarti indah atau diartikan suatu masa. Sementara wastra berarti kain. Jadi, kalawastra diartikan sebuah perjalanan seni (kain) dari berbagai masa yang diolah sedemikian rupa menjadi karya yang indah dan bercita rasa seni.

Harapan dari anggota Purnama, karya-karya yang ditampilkan itu mampu menjadi acuan tren masyarakat Magelang. “Tapi pada Oktober nanti, kita akan menggandeng para desainer dari kota lainnya. Kalau untuk acara ini, kita gandeng juga para desainer muda seperti lulusan SMK,” ujar Ketua Purnama Tedjo Laksono yang juga ketua panitia acara.

Upaya dari Purnama ini diharapkan bisa semakin mengenalkan Magelang melalui dunia mode. Arahnya, memiliki perhelatan busana seperti Jogja Fashion Week. “Kami ingin Magelang juga punya seperti itu, sebagai wadah perancang-perancang busana utamanya dari Magelang. Karena sebenarnya, potensi yang ada itu sangat luar biasa,” imbuhnya.

Tedjo yakin, dunia busana akan menjadi industri yang lebih besar dan berdampak pada terangkatnya perekenomian masyarakat. Busana bukan saja sebagai gaya hidup, tapi juga mencakup skala industri bisnis.

“Bisa membangun sebuah networking antara pelaku industri busana dengan pencinta busana,” tuturnya.

Seorang pengunjung, Asih, 26, mendukung acara tersebut diadakan secara rutin. Ia mengaku, masyarakat Magelang masih berkiblat tren busana dari Solo, Jogjakarta, Bandung dan sekitarnya. “Setelah lihat karya para perancang busana Magelang, ternyata bagus-bagus dan sangat cocok dengan kultur kita,” tutur warga Kalinegoro, Kabupaten Magelang itu.

Sementara itu, Public Relation Artos Mall Dian Indri menyebutkan, perhelatan busana Oktober mendatang akan dimeriahkan pameran busana, kompetisi busana, dan seni. (put/ton)