Operasikan 1 Kereta Tambahan

539
TAMBAH GERBONG : PT KAI Daop 4 menambah gerbong kereta api dalam mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Paskah 2017 ini. (DOK JAWA POS RADAR SEMARANG)
TAMBAH GERBONG : PT KAI Daop 4 menambah gerbong kereta api dalam mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Paskah 2017 ini. (DOK JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Mengantasipasi lonjakan penumpang pada libur panjang akhir pekan ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang mengoperasikan satu kereta api (KA) tambahan. Adalah KA Argo Sindoro Tambahan untuk relasi Semarang Tawang–Stasiun Gambir yang terdiri atas 2 gerbong eksekutif dan 5 gerbong ekonomi.

“KA tersebut dioperasikan saat adanya lonjakan penumpang akhir pekan nanti. Khususnya untuk penumpang tujuan Jakarta pada Minggu (16/4) besok,” kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Koeswoyo, Jumat siang (14/4) kemarin.

Selain itu, Daop 4 juga menambah jumlah rangkaian gerbong KA Argo Muria relasi Semarang-Jakarta dan KA Ciremai relasi Semarang-Bandung. “Dua kota ini menjadi jujukan wisatawan untuk berlibur. Sehingga pada libur akhir pekan ini, diprediksi ada kenaikan penumpang,” jelasnya.

Edy menambahkan, bertepatan dengan HUT Kota Semarang ke-470, PT KAI memberikan diskon 10 persen bagi penumpang yang menggunakan moda transportasi KA. Diskon tersebut berlaku bagi pengguna kereta yang menuju ke Semarang, baik itu jarak jauh ataupun menengah. “Diskon tarif ini untuk KA dengan tujuan Semarang, contohnya Argo Muria dan Argo Sindoro jurusan Gambir-Semarang,” jelasnya.

Selain itu, ada juga beberapa kelas menengah seperti KA Harina jurusan Bandung-Semarang-Pasarturi. Kemudian, Kamandaka, Ambara Ekspres Surabaya jurusan Pasar Turi-Semarang dan KA Ciremai Bandung-Semarang. “Kebarangkatan ini bisa dicek saat pembelian di channel eksternal ataupun saat pembelian di stasiun, untuk memudahkan pengguna,” tuturnya.

Diungkapkan juga, tiket masih bisa dipesan oleh penumpang pada 12-27 April serta 3-4 Mei. Pihak Daop 4 sendiri menggandeng Daop lainnya yang menyediakan layanan KA ke Semarang. “Ibaratnya, diskon ini merupakan kado bagi masyarakat dan Pemkot Semarang,” ucapnya.

Ia berharap dengan adanya promo tiket tersebut bisa menambah okupansi kereta tujuan Semarang. “Okupansinya cukup tinggi, namun dengan diskon ini akan kami maksimalkan,” harapnya. (den/ida)