Jalur Alternatif Mudik Disiapkan

1894
CEK JALUR MUDIK : Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan saat melakukan survey proyek jalan tol, sekaligus untuk mengecek persiapan jalur alternatif mudik di wilayah Kabupaten Pekalongan.(Taufik hidayat/jawa pos radar semarang)
CEK JALUR MUDIK : Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan saat melakukan survey proyek jalan tol, sekaligus untuk mengecek persiapan jalur alternatif mudik di wilayah Kabupaten Pekalongan.(Taufik hidayat/jawa pos radar semarang)

KAJEN – Lantaran masih banyaknya jalan rusak, akibat adanya proyek pembangunan jalan tol Pemalang-Batang, Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan, Jumat (14/4) bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan, Dinas Pekerjaan Umum, Jasa Raharja Cabang Jateng, PT Waskita Tol, PT Sumber Mitra Jaya, PT Pemalang Batang Tol Road, melakukan pengecekan persiapan jalur alternatif arus mudik dan balik 2017 di sejumlah ruas jalan.

Dilibatkannya PT Waskita Tol, PT Sumber Mitra Jaya, PT Pemalang-Batang Tol Road selaku pelaksana proyek pembangunan jalan tol Pemalang-Batang, untuk mengetahui kesiapan pelaksanaan jalan yang sedang mereka kerjakan. Pasalnya, jalur tol yang sekarang sedang dikerjakan juga akan dilalui untuk para pemudik lebaran tahun ini.

Pengecekan jalan tol dimulai dari Kecamatan Bojong, Kecamatan Kesesi yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang. Kemudian dilanjutkan jalur tol di Kecamatan Sragi, hingga ke jalur pantura sebagai jalan utama nasional yang akan dilalui para pemudik lebaran tahun ini.

Kepala Kepolisian Resor Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan, mengungkapkan dilakukannya survey proyek jalan tol sekaligus untuk mengecek persiapan jalur alternatif, untuk mudik di wilayah Kabupaten Pekalongan. Mengingat jalur tol Pemalang-Pekalongan, pada H-10 juga akan digunakan untuk salah satu jalur alternatif.

Menurutnya untuk jalur alternatif yang nantinya akan dilalui pemudik, yaitu jalur Pemalang-Comal-Bodeh–Kesesi, kemudian diarahkan melalui jalur dalam melewati Karanganyar hingga Talun dan terakhir untuk pintu keluar di Kecamatan Warungasem, Batang.

“Jalan tol ini harus jelas untuk masuk dan keluarnya tol itu sendiri, karena untuk mengantisipasi kemacetan yang sempat terjadi di Brebes beberapa waktu lalu” ungkap Kapolres Pekalongan.

Kapolres juga mengatakan pihaknya akan terus melakukan koordinasi, dengan semua instansi terkait agar bisa mengamankan arus mudik 2017 dengan aman, tertib, serta lancar.

Menurutnya pihaknya juga akan menempatkan beberapa anggota untuk menjaga keamanan dan kenyaman pada pemudik, khususnya pada jalur-jalur yang dinilai rawan akan kemacetan. “Kita akan terus berkoordinasi dengan semua instansi, sehingga pemudik yang melalui wilayah Kabupaten Pemalang, dapat merasa nyaman aman dan tertib,” katanya.

Sementara itu, Sugiono, pelaksana PT Pemalang Batang Tol Road akan terus memantau perkembangan proyek pembangunan jalan tol Pemalang-Batang dengan harapan jalan tol yang saat ini dikerjakan, dapat selesai sesuai jadwal, dan dapat dilalui sebagai jalur alternatif pemudik. “Harapan kami pemudik dapat melalui jalur alternatif pada jalan tol, khususnya jika terjadi kemacetan limpahan dari Brebes melalui Pemalang,” jelasnya. (thd/ric)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here