Berharap Seperti Singapura dan Austria

737
SOSIALISASI: Anggota MPR RI/DPR RI asal Fraksi Nasdem KH Choirul Muna saat meyamapaikan materi sosialisasi empat pilar bangsa kepada warga Desa Munengwarangan. (Ahsan fauzi/radar kedu)
SOSIALISASI: Anggota MPR RI/DPR RI asal Fraksi Nasdem KH Choirul Muna saat meyamapaikan materi sosialisasi empat pilar bangsa kepada warga Desa Munengwarangan. (Ahsan fauzi/radar kedu)

MAGELANG – Anggota MPR RI/DPR RI asal Fraksi Nasdem KH Choirul Muna kembali menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD RI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika). Kali ini bersama warga Desa Munengwarangan Kecamatan Pakis Magelang. Acara berlangsung di aula desa setempat, Jumat (14/4) petang.

Gus Muna, sapaan akrab Choirul Muna, meminta kepada seluruh peserta sosialisasi untuk sadar berwarga negara dengan mengajak keluarga saudara dan orang dekat agar selalu menjaga empat pilar. Menurutnya, dalam demokrasi Pancasila, orang bebas berbuat, bebas berekspresi, namun tidak boleh mengganggu pihak lain. “Etika, sopan santun harus selalu dijaga dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hisan Meteseh Tempuran Magelang ini meminta kepada peserta untuk selalu menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan itu tuntutaan agama, juga bagian pengamalan Pancasila. Soal kebersihan, kata Gus Muna, di negara Austria dan Singapura cukup bagus, masyarakatnya sadar dan selalu menjaga kebersihan.

“Saya berharap, warga di sini (Desa Munengwarangan) dan masyarakat Indonesia pada umumnya, bisa mencontoh negara Austria dan Singapura,” harapnya.

Dalam kesempatan kemarin, pria yang selalu mengenakan peci itu juga meminta kepada warga untuk mengatur jumlah anak, supaya regenerasi ke depan berkualitas. “Perlu diperhatikan soal pendidikan. Jangan sampai punya anak banyak, namun pendidikan tidak terurus. Lebih baik sedikit, tapi berkualitas,” ungkapnya. (san/ton)