Target Jumlah Pemilih Tak Terpenuhi

Partisipasi Hanya 74 Persen

1504
DISKUSI - Plt Bupati Batang Nasikhin saat memberikan paparan terkait Pilkada Batang 2017 pada FGD dengan KPU Batang. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
DISKUSI - Plt Bupati Batang Nasikhin saat memberikan paparan terkait Pilkada Batang 2017 pada FGD dengan KPU Batang. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

BATANG – Tingkat partisipasi pemilih Pilkada Batang hanya berkisar 74 persen, kurang 3 persen dari yang ditargetkan yaitu 77 persen. Namun dalam pelaksanaannya, masih dianggap sukses. Hal tersebut terungkap dalam FGD Evaluasi Penyelenggara Pilkada Batang 2017 dengan pihak eksternal yang berlangsung di Hotel Dewi Ratih Rabu, (12/4).

“Secara umum pelaksanaan Pilkada Kabupaten Batang berjalan sukses, aman, lancar. Pilkada ini bisa dibilang unik, karena nomor urut sama dengan perolehan suara. Serta kemenangan satu calon mencapai 50 persen lebih,” kata Plt Bupati Batang, Nasikhin yang menjadi salah satu narasumber diskusi.

Menurutnya, sejak awal KPU Batang paling sigap penganggaran. Mulai dari pengajuan proposal, persiapan, tahapan dan pelaksaanan Pilkada berjalan sesuai aturan penyelenggara undang–undang Pilkada.

“Untuk pertanggungjawaban keuangan tingkat akuntabilitasnya bagus. Hal itu dibuktikan pihak KPU dalam membuat laporan tertulis terkait penggunaan dana Pilkada 2017. Dari dana Rp 25 miliar sudah disiapkan laporan pertanggungjawaban dengan transparan,” jelas Nasikhin.

Narasumber lain Achmad Sugiharto, dosen UNIKAL,  menegaskan tingkat partisipasi pemilih sebesar 74 persen termasuk tinggi. Hal tersebut menunjukkan kesadaran masyarakat dalam memilih memimpin sangat bagus. “Dari 1.338 TPS, secara umum tidak ada permasalahan yang krusial, dan berjalan dengan baik. KPUD Kabupaten Batang, berhasil melaksanakan regulasi Pilkada yang berubah cukup cepat dan ketat. Sosialisasi yang diadakan KPUD sudah baik dan maksimal,” ucapnya.

Namun tetap ada catatan, dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, tetap perlu lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan sosialisasi. Khususnya perhatian lebih bagi pemilih pemula.

Ketua KPU Kabupaten Batang Adi Pranoto mengatakan, pelaksanaan Pilkada Batang bisa berjalan lancar aman dan kondusif  itu semua tidak lepas dari  peran dari berbagai pihak terutama pihak kepolisan dan TNI yang turut mengamankan Pilkada. “Saya menyakinkan tanpa peran semua pihak, Pilkada Batang 2017 tidak bisa berjalan lancar,” katanya.

Meskipun pelaksanakan Pilkada Batang terbilang berjalan aman dan lancar, pihaknya tetap membutuhkan masukan dan kritikan. Dalam rangka perbaikan dalam proses tahapan agar ke depan bisa lebih baik lagi. Untuk itulah, forum diskusi tersebut digelar. (han/ric)