TETAP WASPADA: Petugas Polres Magelang Kota memeriksa kurir pengantar barang di depan Mako Polres, Rabu (12/4). (Agus Hadianto/RADAR KEDU)
TETAP WASPADA: Petugas Polres Magelang Kota memeriksa kurir pengantar barang di depan Mako Polres, Rabu (12/4). (Agus Hadianto/RADAR KEDU)

MAGELANG-Jajaran kepolisian terus meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror. Apalagi pelaku teror mulai menyasar anggota polisi. Contohnya penyerangan ke pos polisi di Tuban dan Mapolres Banyumas beberapa waktu lalu.

Jajaran Polres Magelang Kota juga bersiap untuk mengantisipasi teror serupa. Bahkan Kapolres Magelang Kota menyiagakan anjing pelacak dan personel bersenjata laras panjang di depan pintu gerbang Mako Polres Magelang Kota.

“Kami langsung menyiagakan anggota kepolisian untuk senantiasa waspada. Penjagaan Mako Polres juga kami perketat, personel kepolisian bersenjata lengkap beserta anjing pelacak kami tempatkan di depan gerbang Mako Polres” tegas Kapolres Magelang Kota AKBP Hari Purnomo, Rabu (12/4).

Polda Jateng telah menginstruksikan agar keamanan di markas Polres dan Polsek ditingkatkan. “Pandangan kami, penyerangan-penyerangan yang terjadi dengan maksud bukan lagi meneror tetapi membunuh. Jadi kami minta, anggota kepolisian jangan sampai lengah, tetap waspada, dan jangan takut” tandas Hari.

Meskipun Kota Magelang cukup aman dan kondusif, pihaknya mewaspadai segala hal. Apalagi Jawa Tengah termasuk wilayah yang masuk dalam peta pergerakan teroris. Sehingga ada kemungkinan Kota Magelang juga dilintasi para pelaku teror.

Khusus untuk pengamanan Mako Polres, portal gerbang diberlakukan sistem buka tutup. Setiap pengunjung yang mau masuk, akan diperiksa. “Hal ini dimaksudkan agar pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan. Namun anggota tetap harus waspada 360 derajat untuk mengamati sekeliling,” tegas Hari.

Sementara itu, Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti melakukan inspeksi ke Polsek–Polsek yang berada dibawah komandonya secara mendadak pada Selasa (12/4) malam. Ia keliling ke Polsek Buluspesantren, Polsek Mirit dan Polsek Kutowinangun. Bersama Wakapolres Kompol Umi Mariati, Kabag Sumda AKBP Sriyani, Kabag Ops Kompol Suyatno dan Kasat Sabhara AKP Krida Risanto.

Titi berpesan kepada personel yang sedang bertugas untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan tidak mengurangi tingkat kewaspadaan terhadap pengamanan personel dan markas. Selain mengecek kesiapan personil, Kapolres juga mengecek kesiapan senjata api inventaris dinas yang ada di tiap-tiap Polsek yang dikunjungi. Ia berpesan agar senjata harus selalu dalam keadaan siap pakai. “Bila ada yang rusak segera dilaporkan supaya segera diganti dengan yang baik.” kata Titi. (cr3/jpg/ton)