Lebih Dekat dengan ERCI Chapter Semarang

Jalin Kekerabatan dan Edukasi Keluarga

2362
KEDEPANKAN KEKELUARGAAN: Sejumlah anggota ERCI saat family gathering beberapa waktu lalu. (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG)
KEDEPANKAN KEKELUARGAAN: Sejumlah anggota ERCI saat family gathering beberapa waktu lalu. (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG)

Komunitas otomotif tak melulu berkutat seputar kendaraan. Ada berbagai kegiatan lain yang kerap digelar guna menjalin kekerabatan masing-masing anggota. Salah satunya, ERCI (Ertiga Club Indonesia) Chapter Semarang. Seperti apa?

NURUL PRATIDINA

KOMUNITAS yang resmi terbentuk pada 15 Desember 2012 ini berawal dari empat orang di Semarang. Yaitu Iswanliyanta, Andi Bangkit, Intus Apriarsa, dan Suyatmin. Awal terbentuknya, mereka baru indent mobil di diler. Keempatnya ini tergabung di sebuah milis. Forum media sosial ini pun menjadi sarana untuk berkomunikasi.

Setelah mobil pesanan datang, tercetus untuk membuat komunitas. Dari yang berawal empat orang, anggota dari komunitas yang menginduk pada ERCI Pusat ini pun, terus bertambah hingga saat ini lebih dari 100 orang.

Ketua ERCI Chapter Semarang, Purwono Agung W mengatakan, tak jauh berbeda dengan komunitas otomotif lainnya yang memiliki agenda touring. ERCI juga beberapa kali mengadakan kegiatan tersebut. Berbagai rute perjalanan sudah ditempuh. Di antaranya Guci, Waduk Kedung Ombo, Bali dan lainnya.

Dalam waktu dekat, mereka akan mengikuti Jambore Nasional ke-2 di Lampung. Kegiatan tersebut diikuti oleh anggota ERCI senusantara. Menurutnya, momen tersebut merupakan momen yang ditunggu-tunggu dan sayang bila dilewatkan. ”Kesempatan langka bisa bertemu sesama penggemar Ertiga untuk sharing berkendara atau ngobrol santai,” ujarnya.

Ya, menurutnya, komunitas ini tak sebatas di lingkup per chapter, karena bertemu dengan members lintas chapter di mana pun berada akan disambut dengan kehangatan keluarga. Pengalaman ini yang membuat antaranggota saling terikat.

Seperti yang diungkapkan oleh Asyhari Yudho Hadiyanto. Pria yang akrab disapa Yudho ini bergabung dalam ERCI Semarang sejak 2015 lalu. Tak hanya mendapatkan berbagai informasi seputar kendaraan, ia juga menikmati touring dan kentalnya kekerabatan dalam komunitas.

”Asyiknya semakin banyak eksplorasi objek wisata di Jateng pada umumnya dalam kegiatan touring. Selain itu, tak lupa selalu menyelipkan baksos dalam setiap kegiatan,” ujarnya.

Begitu juga yang diungkapkan oleh anggota ERCI Chapter Semarang lainnya, Agung Rafa. Ia merasa cukup nyaman bergabung dalam komunitas ini. Selain bertambah informasi juga bertambah banyak kerabat.

Pemilik mobil serupa bisa bergabung jika tertarik dengan persyaratan memiliki armada tersebut, fotokopi KTP dan STNK. ”Mendaftarkan diri sesuai ketentuan, berperan serta aktif dalam kegiatan komunitas,” ujarnya.

Purwono Agung menambahkan, tujuan berdirinya komunitas ini membentuk klub otomotif yang berorientasi pada kegiatan-kegiatan baik wisata dan sosial yang mengedukasi keluarga. Oleh karena itu, mereka juga menyelipkan berbagai kegiatan sosial. Di antaranya saur on the road di bulan Ramadan, buka bersama (bukber) bareng anak panti serta kegiatan lainnya. ”Dalam beragam kegiatan, kami kerap kali melibatkan anak istri. Dengan begitu, keakraban tak sebatas para anggota, tapi juga anggota keluarga dari masing-masing member,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, ERCI mengedepankan kekeluargaan meski suatu saat tidak ada unit Ertiga lagi. Kekeluargaan akan dipertahankan sampai kapan pun. Beragam kegiatan direncanakan untuk mempererat tali silaturahmi. Di antaranya family gathering, wisata edukasi, pemberian bantuan pada bencana alam, dan kegiatan sosial lainnya. (*/ida/ce1)